Wisatawan Flashpacker

0
174

Flashpacker di antara backpacker dan turis.

Di Gunung Papandayan
The Savvy Flashpacker

Seberapa keren sih gaya berpergian Anda? Atau sesimpel apa cara wisata Anda? Atau apakah Anda tergolong seorang flashpacker?

Flashpacker? Iya, pernah mendengarnya? Istilah ini memang baru populer beberapa tahun terakhir. Jika meng-googling akan ditemukan banyak definisi flashpacker di internet.

Supaya lebih jelas apa itu flashpacker, Ghiboo bertanya langsung dengan moderator milis Flashpacker Indonesia, Deedee Caniago. Jawabnya, “Flashpacker adalah kaum penggila jalan-jalan yang memosisikan diri di antara backpacker dan turis.”

Menurut Deedee poinnya adalah lebih moderat dalam mengontrol anggaran. Kata flash yang berarti gaya adalah prinsip untuk memilih apa yang diinginkan. Tidak terjebak aturan, gengsi, status, paham, penampilan atau identitas kelompok. Sudah jelas? Mmmmm, bila diringkas, mengutip dari buku perdananya Deedee “Flashpacking To Australia”, flashpacker adalah “berpergian ala gue, atau, travelling yang gue banget!” [Also read: good bye Coboy Junior]

Lebih spesifik, Deedee menjabarkan tipe-tipe flashpacker dan mungkin nama-nama ini cocok untuk Anda:

1. The Geeky Flashpacker; Flashpacker yang identik dengan gadget. Sebut saja, smartphone, kamera, GPS, telepon satelit dan lainnya.

2. The Minted Flashpacker; Flashpacker yang menempatkan kenyamanan. Biarpun mahal yang penting nyaman sob.

3. The Savvy Flashpacker; Flashpacker yang berkomitmen bahwa tujuan dan pengalaman itu yang lebih penting. Waktu bisa diatur dan dana bisa diusahakan.

4. The Minted Geek Flashpacker; Flashpacker yang penuh dengan gadget dan mementingkan kenyamanan.

5. The Savvy Geek Flashpacker; Flashpacker yang mementingkan gadget, tujuan dan pengalaman dalam berwisata.[teks @bartno | foto @mirzablue]

SHARE