Berwisata ke Pulau Kanguru

0
727

Pulau Kanguru ditinggali 4.500 warga Australia.

Kangaroo Island wild life
Kangaroo Island wild life

Binatang mamalia berkantung ini telah diketahui banyak orang menjadi hewan khas dan ikon negara Australia.

Di negeri yang kini dipimpin Perdana Menteri Tony Abbott ini ada pulau yang dinamai Kanguru. Nama Pulau Kanguru disebut pertama kali oleh penjelajah Inggris pada 23 Maret 1802, hal itu karena banyaknya kanguru di pulau yang termasuk dalam tiga besar pulau di Australia ini.

Di pulau ini, Anda akan menemukan alam yang indah dan berisi hewan-hewan liar Australia seperti, kanguru, penguin, anjing laut, singa laut, koala, angsa hitam, dan masih banyak lainnya.

Pulau Kanguru atau masyarakat setempat menyebutnya KI [Kangaroo Island] terletak di bagian Selatan Australia dengan panjang 150 km dan lebar berkisar antara 57 km sampai 90 km.

Untuk menuju ke sana, Anda bisa menggunakan penerbangan dari Adelaide selama 30 menit, atau menaiki kapal feri dari Cape Jervis selama 45 menit. [Also read deretan pesohor dunia yang hidup harmonis]

Selain keseruan melihat flora dan fauna, serta keindahan alamnya di waktu kapan pun, di pulau ini Anda bisa menikmati bahan kuliner terbaik Australia, seperti menyantap segar ikan King George Whiting dan marron, mencicipi anggur olahan lokal, keju, dan madu.

Jangan lupa untuk mengunjungi juga tempat-tempat bersejarah di sini, seperti Reeves Point yang merupakan wilayah tinggal pertama orang Eropa di Australia, Museum Hope Cottage Folk yang mencatat kisah tambang emas dan sejarah Pulau Kanguru, tempat penyulingan minyak eukaliptus Emu Ridge, dan Prospect Hill sebagai tempat tertinggi di area ini.

Honey Kangaroo Island [courtesy of iatemywaythrough.com]
Honey Kangaroo Island [courtesy of iatemywaythrough.com]
Sedikit tip bagi Anda yang ingin berkunjung ke Pulau Kanguru terutama saat melihat kehidupan satwa liar adalah:
1. Gunakan jalur yang sudah ada, daripada membuat jalur sendiri.
2. Pandangi polah mereka dengan keheningan sebisa mungkin.
3. Jangan memberikan makanan apa pun ke satwa liar itu, karena makanan manusia bisa menyebabkan penyakit atau bahkan kematian kepada satwa.
4. Ikuti petunjuk yang diberikan tour guide Anda. « [teks @bartno | foto dari berbagai sumber]

SHARE