Kesendirian Bondan Prakoso

0
1422

Bondan Prakoso & Fade 2 Black memutuskan vakum.

Bondan Prakoso 2Sore yang cerah. Cuaca tak lagi mendung seperti minggu-minggu sebelumnya. Momen yang sangat baik saat Ghiboo berkesempatan bertemu dan berbincang dengan Bondan Prakoso. Bicara soal Bondan, pasti tak lepas dari kariernya yang telah ia mulai sejak usia dini.

Bondan kecil memulai debut vokalnya pada akhir tahun ’80-an hingga awal ’90-an. Saat itu, Bondan terbilang sukses sebagai penyanyi cilik.

Beranjak remaja, Bondan tetap melanjutkan karier bermusiknya. Pria 29 tahun ini kemudian bergabung dengan band Funky Kopral di akhir tahun ’90-an. Lumayan lama berkecimpung di dunia musik pop-rock-funk, Bondan akhirnya memutuskan untuk rehat sejenak.

Di tahun 2005, ia kembali ke dunia musik. Kali ini, seiring dengan pertambahan usia, Bondan pun bertambah dewasa dalam segi bermusik. Ia kembali dengan membentuk grup yang diberi nama Bondan Prakoso & Fade 2 Black. Karirnya kembali menanjak setelah single berjudul “Bunga” banyak diminati di pasaran.

Bersama Fade 2 Black, Bondan genap mengumpulkan empat studio album. Terakhir, ia dan Fade 2 Black merilis album bertajuk Respect and Unity For All di tahun 2012. Namun di tahun 2013 lalu, Bondan Prakoso & Fade 2 Black memutuskan untuk vakum sementara waktu. Lalu seperti apa kegiatan Bondan saat ini?

Simak bincang-bincang santai Editor Nanda Hadiyanti dengan Bondan Prakoso, pada Jumat [07/02].

halo bondan, apa kabar? lagi sibuk apa?
Alhamdulillah, sekarang lagi sibuk menyelesaikan mini album yang rencananya rilis Maret nanti.

mini album solo, atau..?
Ya, benar. Mini albumku sendiri, solo. Jadi September 2013 lalu Bondan Prakoso Fade 2 Black vakum. Aku memilih solo lagi. Setelah kecil solo, ngeband di Funky Kopral, terus di Fade 2 Black, sekarang fasenya solo lagi. Setelah vakum, Oktober lalu aku rilis single solo aku. “I Will Survive” judulnya.

Kemudian konsepnya indie jadi semua ngurus sendiri mulai dari produksi, rekaman, sampai video klip, cover album, pendistribusian, dan ternyata cukup sukses. Sekarang 2014 programnya adalah merilis mini album. Single-nya udah keluar. Tanggal 3 Februari lalu, judulnya “Generasiku”. Itu single kedua setelah “I Will Survive”, yang masuk ke dalam mini album.

konsep albumnya seperti apa?
Konsepnya 70 persen rock, 30 persen sisanya… hehehe. Belum bisa aku share, soalnya belum rilis. Pokoknya 100 persen Bondan Prakoso banget. Karena aku yang ngerjain semuanya, detailnya, engineering-nya, musik semua aku yang ngerjain

bisa certain waktu menyiapkan materi albumnya?
Inilah dia fase berikutnya, karena setiap fase pasti menemui tantangannya sendiri-sendiri. Dulu waktu di Fade 2 Black, aku juga [jadi] produser.

Dari keempat albumnya, aku yang produseri, tapi cuma sebatas produser, musisi, pencipta lagu. Kalau sekarang, plus plus plus. Karena bisa dibilang CEO dari label aku sendiri, jadi harus ngurus pendistribusian, promosi, marketing plan, di divisi lain aku sutradara video klip juga, harus mikirin konsep juga. Makanya kesibukannya jauh berkali-kali lipat. Jadi pengumpulan materinya itu aku cicil. Setiap ada waktu nyoba buat nyicil, menghilang ke studio dulu. Ke studio pribadiku. Sekarang masih terus berjalan prosesnya. Next Page “…bajakan di mana-mana, aku harus survive”

1
2
3
SHARE