Kisah Nyata Perempuan Korea di Prancis

0
1337

 Film Korea pertama yang syuting di Kepulauan Karibia.

Still foto way back home 1

Rasa takut itu, membantunya masuk ke dalam tokoh yang ia perankan. Begitulah yang diungkapkan Do Yeon.

Do Yeon bermain sebagai Song Jeong Yeon dalam film bertitel Way Back Home. Film asal Korea Selatan ini diangkat dari kisah nyata seorang perempuan yang harus jauh dari suami dan anaknya, dalam keadaan terkurung dalam penjara di luar negeri.

“Begitu saya membaca kisah ini, sebagai seorang perempuan Korea, saya merasa sangat sedih,” ujar Do Yeon seperti dikutip dari Hollywood Reporter. Do Yeon bisa merasakan perasaan Jeong Yeon saat musibah itu datang kepadanya.

Dalam film itu, diceritakan bahwa keluarga Jeong Yeon terlibat utang piutang. Karena tuntutan melunasi utang tersebut, ia terpaksa bekerja membantu sang suami, Kim Jong Bae. Jeong Yeon kemudian menerima pekerjaan untuk mengantar barang ke negeri orang. Kala itu ia ditugaskan untuk pergi ke Prancis.

Menganggap pekerjaannya legal, Jeong Yeon pun melenggang tanpa ragu. Ia sampai dengan selamat di Bandara Orly, Prancis. Tak sampai hitungan jam ia menginjakkan kaki di sana, kehidupan Jeong Yeon menemui bagian tersulitnya.

Ia ditangkap karena membawa narkotika. Dalam kopernya terdapat lebih dari 30 kilogram kokain. Jeong Yeon merasa tak bersalah, karena tak tahu isi kopernya. Namun ia berada di negara orang dan harus mengikuti hukum yang berlaku di sana.

Hal menyedihkan masih terus berlanjut. Usai ditangkap, Jeong Yeon kembali menemui kendala dalam bahasa. Ia tak bisa membela diri ataupun memberi penjelasan. Ia juga tak bisa memberi kabar keluarganya di Korea.

Lebih mirisnya lagi adalah kedutaan besar Korea seakan tak peduli dalam menangani keberadaan Jeong Yeon di Prancis. Karena tak ada kelanjutan pembelaan mengenai kasusnya, Jeong Yeong dijebloskan ke dalam penjara selama dua tahun tanpa proses persidangan.

Jeong Yeon ditahan di penjara wanita Pulau Martinik, di Kepulauan Karibia. Semua kekerasan harus ia rasakan selama berada di dalam tahanan. Jeong Yeon yang merasa tak bersalah hanya memiliki satu keinginan, pulang ke rumah, bertemu dengan suami, juga anaknya.

Way Back Home Movie PosterDi sisi lain, suami Jeong Yeon tak henti mencari-cari keberadaan istrinya. Ia yakin Jeong Yeon masih hidup dan tinggal di negara orang. Suami Jeong Yeon pun berusaha keras memastikan apakah sang istri masih hidup atau tidak.

Do Yeon sebagai pemeran Jeong Yeon berusaha menyampaikan rasa frustasi yang saat itu dialami Jeong Yeon. Ia tak menyia-nyiakan kesempatan bermain di film ini. Selain diangkat dari kisah nyata yang sangat menyentuh hati, film ini memiliki beberapa keistimewaan lainnya.

Film besutan Bang Eun Jin ini adalah film Korea pertama yang mengambil lokasi syuting di Kepulauan Karibia. Film ini juga pertama kalinya menggunakan penjaga dan juga tahanan asli penjara wanita di Pulau Martinik sebagai extras.

Menurut Do Yeon, film ini memberikan banyak pelajaran. Bukan hanya sekadar belajar agar tak mudah percaya dengan orang lain, film ini juga mengajarkan betapa pentingnya arti keluarga bagi kehidupan seseorang. « [teks @nandiyanti | foto berbagai sumber ]

Detail Film
Sutradara Bang Eun Jin
Penulis Naskah Yoon Jin Ho
Genre Drama
Durasi 107 menit
Pemain Jeon Do Yeon, Go Soo, Ryu Tae Ho, Bae Sung Woo

SHARE