Neymar Disukai Pasar Dunia

0
135

Neymar didaulat sebagai duta Castrol.

Matthew Childs

Neymar da Silva Santos Junior, atau kita lebih mengenalnya “Neymar” saja. Ia idola fans Santos, yang kemudian berkembang menjadi idola baru se-Brasil setelah masuk timnas U-17, dan lalu mendunia.

Aksinya mengolah si kulit bundar dan kepribadiannya, serta prestasinya [42 penghargaan individual, 7 prestasi bersama klub dan 5 prestasi bersama timnas] menjadikan pria jago bola berusia 22 tahun ini menjadi sorotan beberapa merk ternama untuk dijadikan ambassador. Alhasil, Neymar dipilih sponsor resmi 2014 FIFA World Cup, Castrol, sebagai duta barunya.

Jabatan duta bagi Neymar, bukanlah hal baru. Sebelumnya merk-merk terkenal seperti Nike, Panasonic, Volkswagen, dan Unilever telah berkerjasama dengannya.

Menurut majalah SportsPro [terbit bulanan di Inggris] pada 8 Mei 2013, Neymar masuk dalam urutan pertama dalam riset mereka untuk Atlet yang Paling Disukai Pasar Dunia. [Baca juga: Pelajaran cantik dari seorang Kristen Stewart]

Jika digabungkan, penghasilan Neymar dari sponsor dan gajinya di Barcelona mencapai 20,5 juta dollar US per tahun atau sekitar 225,5 miliar rupiah setahun.

Kata mantan pemain timnas Brazil, Cafu “Neymar telah menunjukan permainan sepak bola yang luar biasa di berbagai penampilan internasionalnya.”

Ia telah menerima pengakuan di seluruh dunia atas performa sensasionalnya selama ajang FIFA Confederations Cup 2013. “Saya dan seluruh warga Brazil berharap agar dia akan memainkan peran penting di dalam upaya bangsa kami meraih piala di musim panas ini di depan penonton tuan rumah,” ujar Cafu, mantan pemain klub AS Roma dan AC Milan.

Saat FIFA Confederations Cup 2013, Brazil menjadi juaranya dengan mengalahkan Spanyol, 3-0. Dalam kompetisi ini, Neymar meraih FIFA Confederations Cup Golden Ball sebagai pemain terbaik.

Saat ini Neymar menjadi sorotan para sponsor sekaligus harapan warga Brazil agar Neymar dapat membantu Negeri Samba meraih lagi Piala Dunia untuk keenam kali [1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002].  [teks @bartno | foto courtesy of action images]

SHARE