Perjalanan 60 Tahun Jackie Chan

0
833

Ketemu Jackie Chan yuk..

Jackie Chan 2

Siapa tak kenal Jackie Chan? Aktor handal asal Hong Kong ini dikenal lewat film-film laganya yang inovatif. Jackie Chan telah mengukir berbagai macam penghargaan selama kariernya di perfilman dalam negeri ataupun internasional.

Bukan hanya aktor, Jackie juga dikenal sebagai sutradara sekaligus produser. Jackie juga menjadi koreografer gerakan dalam film laganya dan sekaligus menjadi stunt untuk filmnya sendiri.

Namanya telah muncul di lebih dari 500 judul film, hingga menerima bintang di Hong Kong Avenue of Stars dan Hollywood Walk of Fame. Banyak film ternama yang ia bintangi termasuk film CZ12, salah satu filmnya dengan biaya paling mahal dan produksi paling besar dalam beberapa tahun terakhir.

Kemunculan dan Sepak Terjang di Layar Lebar
Jackie Chan memulai kariernya di tahun ’60-an. Kala itu, Jackie kecil muncul dalam film Big and Little Wong Tin Bar. Ia kembali lagi muncul dalam film A Love Eterne. Tak ada yang menyangka karier Jackie kecil akan bertahan dan membesarkan namanya.

Beranjak remaja, Jackie mulai merambah dunia akting sebagai stuntman. Ia pernah ikut terlibat dalam film-film Bruce Lee, seperti Fist of Fury dan Enter The Dragon. Sepanjang tahun ’70-an, karier Jackie sebagai stunt terus berkembang. Ia kemudian mulai dipercaya sebagai pengarah gaya dalam film laga. Beberapa film yang sukses diselesaikannya antara lain Snake & Crane Arts of Sholin, Snake in The Eagle’s Shadow, dan Drunken Master.

Jackie Chan 1

Beranjak dewasa, kariernya di perfilman laga Hong Kong kian menanjak. Tak hanya menjadi pengarah gaya aksi, ia pun dipercaya untuk menulis cerita. Jackie mulai terlibat sebagai orang penting di balik layar. Di tahun ’80-an, ia juga mulai tampil sebagai aktor.

Jackie tampil sebagai Sammy dalam film bertajuk Fantasy Mission Force yang rilis tahun 1983. Dan di pertengahan tahun ’80-an kariernya sebagai aktor mulai di lirik banyak pihak. Tak hanya di dalam negerinya, namun juga secara internasional.

Di tahun 1985, Jackie merilis film yang ia bintangi sekaligus ia sutradarai sendiri berjudul Police Story. Dalam film ini, Jackie berperan sebagai bintang utama, bernama Kevin Chan Ka Kui, sebagai seorang polisi detektif Hong Kong.

Cerita yang menarik dan juga adegan bertarung yang apik membuat film ini mendapat sambutan luar biasa di pasaran. Tak puas dengan apa yang diraihnya melalui Police Story, Jackie terus membuat karya barunya. Di tahun yang sama, Jackie juga terlibat setidaknya dalam empat judul film lainnya, yaitu Heart of Dragon, Ninja Thunderbolt, The Protector, dan My Lucky Stars.

Di akhir tahun ’80-an, Jackie kembali menghibur penggemar tokoh Kevin di film Police Story. Tepatnya tahun 1988, Jackie merilis sekuel film berjudul Police Story 2. Seperti film pertamanya, film ini juga mendapatkan sambutan yang luar biasa. Di tahun yang sama, Jackie juga mengeluarkan film berjudul Forever Dragons, film ini pun sama suksesnya dengan Police Story.

Kariernya kian gemilang. Di tahun ’90-an, Jackie sudah diakui sebagai aktor papan atas. Namanya sudah dikenal secara internasional. Filmnya banyak digemari di berbagai negara. City Hunter, Crime Story, A Kid from Tibet, adalah beberapa judul film Jackie Chan di awal tahun ’90-an. Tak ketinggalan, Jackie Chan kembali merilis sekuel Police Story. Kali ini, film lanjutan itu diberi judul Police Story 3: Super Cop. Masih sama seperti kedua film sebelumnya, penggemar film ini antusias menyaksikan tokoh Kevin beraksi.« Next page: masa kegemilangan Jackie Chan.

1
2
SHARE