Si Hitam yang Bermanfaat

0
274

Mungkin Anda adalah salah satu penggilanya.. 

Biji Kopi edit

Saat ini, kedai kopi atau coffee shop semakin menjamur di Jakarta. Nggak heran sih, karena kopi termasuk minuman yang jadi favorit orang-orang di seluruh dunia. Salah satu negara pelopor minum kopi adalah negara bagian Selatan Arabia.

Alasan orang sangat menggemari kopi adalah untuk menahan rasa kantuk saat kita sedang melakukan aktivitas. Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi memang dipercaya sebagai penghilang rasa kantuk dan pembangkit stamina dan energi tubuh.

Namun, sebenarnya, manfaat kopi tak hanya sebagai penghilang rasa kantuk saja. Walaupun beredar anggapan di masyarakat bahwa kopi adalah minuman yang tidak sehat, si hitam ini sangat bagus untuk kecantikan. Kopi kaya akan kafein yang berfungsi sebagai vaso-restrictor, yaitu untuk mengencangkan dan mengecilkan pembuluh darah. Selain itu, juga dapat berfungsi untuk melembutkan kulit dan mengurangi timbulnya varises.

Selama kita meminumnya tidak berlebihan dan sesuai takaran yang dianjurkan, yaitu 200 miligram per hari atau setara dengan dua sampai tiga cangkir, kopi memiliki banyak manfaat. Apa saja? Let’s take a look!

BeautyMengurangi kerutan di wajah
Selain kafein, kopi juga mengandung kolagen yang tinggi. Kolagen inilah yang sangat berguna untuk mengurangi kerutan di wajah. Gunakan kopi sebagai facial, kulit Anda pun akan terasa kencang kembali.

Menyegarkan wajah
Kota Jakarta yang terkenal dengan kota metropolutan [ya, metro-polutan] membuat wajah kita menjadi kusam, kusut, dan lepek karena terpapar debu knalpot selama di perjalanan menuju kantor atau pun saat kembali ke rumah. Jangan kuatir! Kopi akan menyegarkannya kembali.

Caranya, buatlah segelas kopi tanpa gula. Kemudian bekukan dalam freezer. Setelah beku, usapkan kopi tersebut ke seluruh wajah kita secara merata. Wajah kita akan segar kembali dan kita pun siap untuk menyambut hari kembali!

Mencegah kebotakan pada rambut
Selain untuk kecantikan, kopi juga bermanfaat untuk rambut kita. Kopi memiliki antioksidan yang mampu mencegah kerontokan dan kebotakan pada rambut akibat folikel rambut terlalu banyak terpapar hormon DHT [Dihydrotestosteron]. Hormon DHT inilah yang menjadi penyebab utama kebotakan dan rambut rontok pada pria dan wanita di seluruh dunia. Si kafein yang terkandung dalam kopi inilah yang akan memblokir efek buruk dari DHT.

Membantu dalam pengelupasan kulit wajah
Tingkat asam yang terkandung dalam kopi sangat baik untuk mengencangkan, menghaluskan, mengangkat sel-sel kulit mati, dan melindungi kulit dari paparan sinar UV A/B. Mengelupas wajah dengan bahan alami, seperti kopi, dapat menghindari kulit dari iritasi dan tidak mengandung bahan kimia.

Pengelupasan kulit sangat penting untuk mengangkat sel-sel kulit mati, mempercepat pertumbuhan kulit muda yang sehat, menyegarkan, dan melancarkan peredaran darah. Jika kulit mati tersebut tidak diangkat, akibatnya sel-sel kulit mati tersebut akan menumpuk dan menyebabkan wajah menjadi kusam, membesarkan pori-pori, dan menimbulkan jerawat.

Untuk mendapatkan manfaat kopi untuk kecantikan, tidak perlu ke salon dan mengeluarkan banyak biaya. Kamu cukup membuat masker kopi di rumah. Berikut beberapa tips mendapatkan manfaat kopi untuk kesehatan kulit dan kecantikan yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah:

    • Salah satu manfaat kopi adalah mengencangkan kulit dan mengangkat sel kulit mati. Caranya, campurkan bubuk kopi dengan putih telur lalu oleskan secara merata ke seluruh wajah.
    • Kopi juga bermanfaat untuk mengurangi selulit. Caranya, campurkan bubuk kopi dengan minyak zaitun. Oleskan campuran kopi dan minyak zaitun tersebut ke tempat selulit lalu dibungkus plastik. Diamkan selama lima menit, lalu bilaslah dengan air.
    • Untuk mencerahkan wajah, campurkan tiga sendok makan bubuk kopi dengan segelas susu segar. Oleskan secara merata ke seluruh wajah dan leher, dan lakukan pijatan secara lembut. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air.
    • Untuk melembabkan kulit, campurkan tiga sendok makan ampas kopi dengan satu sendok makan bubuk cokelat. Oleskan secara merata ke seluruh wajah. Diamkan selama 30 menit, lalu bersihkan dengan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat.
    • Untuk menghaluskan kulit dan melangsingkan badan, cukup hancurkan biji kopi secara kasar lalu gosok secara perlahan [gunakan sebagai scrub]. Lakukan secara teratur. Kafein yang terkandung dalam kopi dipercaya dapat menghancurkan sel lemak.
    • Untuk menghilangkan bintik hitam bekas jerawat, campurkan bubuk kopi dengan baby oil. Oleskan secara merata ke bekas jerawat tersebut dan beri sedikti pijatan lembut. Lakukan secara teratur untuk hasil yang maksimal. « [teks[email protected] | foto berbagai sumber]
SHARE