Indonesia Banget di Indonesia Fashion Week 2014

0
1554

Indonesia Fashion Week 2014, dari Indonesia untuk Indonesia.

Di tahun ketiganya, Indonesia Fashion Week 2014 semakin matang. Matang dalam artian konsisten mengangkat nama desainer dan brand lokal menuju pasar global.

Memang, ajang fashion tahunan ini menjadi langkah mewujudkan mimpi Indonesia menjadi sentra fashion di tahun 2025. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Mari Elka Pangestu, juga berharap pagelaran fashion terbesar ini menjadi cara bagi diri kita sendiri untuk mulai mencintai produk dalam negeri.

“Bukan lagi masanya kita menjadi trend follower, tapi harus menjadi trend setter. Indonesia bisa menjadi pusat fashion di tahun 2025 dan pusat fashion Muslim di tahun 2020,” ucapnya dalam pembukaan IFW, Kamis [20/2].

Menurut Mari, fashion merupakan potensi pasar terbesar kedua di usaha kreatif dengan keuntungan mencapai 181,6 triliun rupiah di tahun 2013. Fashion juga menjadi lapangan pekerjaan bagi 3,8 juta penduduk Indonesia.

Tentu saja banyak harapan dari terselenggaranya Indonesia Fashion Week 2014. Sederet selebritas ternama tanah air, seperti Dian Sastrowardoyo, Ferry Salim, hingga Raline Shah terlihat duduk manis di front row bersama sederet tamu penting dan pengamat mode internasional.

Selama empat hari [20-23 Februari 2014]  penyelenggaran Indonesia Fashion Week 2014 di di Jakarta Convention Centre, Ghiboo merekam the best of the best from Indonesia Fashion Week 2014. There’s a lot coming and going down during Indonesia Fashion Week 2014. To break down the best of the best, Ghiboo memilih The Top Looks from Local Movement yang cenderung mengangkat keindahan Indonesia.

Yes, hal ini sesuai dengan tema Indonesia Fashion Weeks ‘Green Movement, Local Movement’ yang tentu saja mendukung penggunaan produk-produk lokal dengan bahan baku dan proses yang aman. Let’s check out the latest hits.

Nomor untuk Beauty (1)Savira Lavinia
Savira Lavinia memamerkan enam rancangannya di hari pertama Indonesia Fashion Week 2014. Pemilik merek Sav Lavin ini merupakan pemenang pertama dalam ajang Indonesia Fashion Design Competition 2014 yang diadakan Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia [APPMI].

Koleksi bertema Soldier Children Army ini didominasi dengan warna monokrom. Savira mengaku rancangannya sangat terinspirasi dari tokoh animasi favorit semasa kecil. Sentuhan Indonesia dihadirkan lewat gambar barong dengan warna-warna cerah. Siapa sangka, Barong yang identik dengan kesan tradisional menjadi lebih modern dalam rancangan Savira. Selain itu, penggunaa bahan lycra dan polyester menjadi keunggulan karya ini.

barong kolase

Nomor untuk Beauty (2)Dian Pelangi
Koleksi The Royal Kingdom of Indonesia dari Dian Pelangi bermain di busana formal. Mengadaptasi kultur kerajaan kuno di tanah air seperti Kerajaan Sriwijaya di Palembang, Majapahit di Jawa, dan kerajaan di Bali, menjadi tema besar untuk koleksinya baju muslimnya kali ini. Keindahan kain-kain tradisional, seperti jumputan, batik dan songket dengan warna-warna yang playful, semakin menegaskan kesan elegan dan glamor pada rancangan desainer berusia 21 tahun ini.

dia pelangi kolase

Nomor untuk Beauty (3)Lenny Agustin
Batik Madura menjadi material utama dalam koleksi ready to wear rancangan Lenny Agustin. Agar tak terkesan monoton dan kaku, Lenny menambahkan warna-warna playful, seperti hijau, merah muda, oranye, hingga kuning. Mengambil tema Radin, karakter wanita Madura diwujudkan dalam karyanya. Beberapa aksen floral dan bahan plastik transparan kian menegaskan kesan feminin, cantik, dan berani.

lenny kolase 1

lenny kolase 2

Nomor untuk Beauty (4)Priyo Oktaviano
Warna hitam, merah dan gold mendominasi rancangan Priyo Oktaviano. Desainer ini menutup rangkaian fashion show hari ketiga dengan tema Hero’s Couture. Kain tapis Lampung menjadi material utama dalam koleksi ready to wear-nya kali ini. Kain tapis Lampung, yang dikerjakan secara manual menggunakan alat tenun gedokan dan teknik sulam, merupakan simbol kehormatan masyarakat Lampung.

Fashion Priyo 1

Fashion Priyo 2

Priyo mengaku robot Gundam dan kelokan arena sirkuit balap motor menjadi inspirasinya untuk Indonesia Fashion Week 2014. Pantaslah kesan androgyny, sporty dan maskulin sangat menonjol dalam 10 set busana wanita dan 10 set busana pria, mulai dari jaket, rok, celana panjang, celana pendek, kemeja hingga blazer. Peuuurfect! « [teks: @innesspw | foto @gregbimz dan dok. indonesiafashionweek.com]

SHARE