JPI: Album On Progress

0
830

The Gibson Guy ready to rock you soon!

John Paul Ivan 2Di pinggir keramaian dia berdiri dengan santai di teras depan Hard Rock Cafe. Sementara itu, para pemusik lain tengah disibuki para pewarta infotainment. Rambut keritingnya terurai sepunggung. Dua kancing teratas kemeja hijaunya ia lepas seperti biasa. Kakinya terlihat jenjang dengan model jins cutbray, dan sebuah pantofel cokelat yang menempel di kakinya. Pria ini dikenal dengan sebutan JPI alias John Paul Ivan.

JPI –begitu ia disapa– sedang menanti kedatangan teman akrabnya, Roy Jeconiah. Keduanya adalah ex-personil dari Boomerang yang akan tampil pada konser KOIN Senandung untuk Negeri “Charity untuk Manado”. Sebuah konser penggalangan dana amal untuk membantu korban bencana banjir bandang di Manado, Sulawesi Utara. Keduanya kini bergabung membentuk band barunya, RI1 [Roy Ivan Satu].

Di luar itu, JPI pun melakoni proyek solonya sebagai seorang gitaris. Sejauh ini telah ada lima single yang berhasil ia ciptakan. “Jerusalem”, “Dancing With You”, “State of Play”, “Neiska Erotika”, dan “A Time To Remember”. Ini yang membedakan ia dengan musisi lainnya.

Jika pemusik lain ketika sedang vakum, asyik menggarap band baru sebagai produser. JPI adalah kebalikannya. Ia akui masa itu asyik karena ia memiliki waktu untuk fokus menciptakan lagu baru.

“Sudah ada dua materi lagu yang berhasil direkam, doain aja semoga cepat selesainya,” ujar pria yang dijuluki The Gibson Guy. [also read: konser gratis The Rolling Stone di Singapura]

Kata pria yang mengidolai Jimmy Hendrix ini, album itu akan bersifat indie. Belum ada perjanjian dengan major label manapun. Single yang telah berhasil ia ciptakan pun kemungkinan akan ia masukan ke dalam debut albumnya itu. Karena tidak ada tuntutan deadline pengerjaan proyek album, maka ia merasa santai dan menikmati pembuatannya.

Tapi bukan berarti JPI tidak serius mengerjakannya ya. “Target saya sih paling cepat pertengahan tahun ini sudah selesai. Atau ya akhir tahun ini. Nggak tau akan ada berapa lagu yang akan saya masukin ke album ini. Mengalir aja,” ujarnya sambil terkekeh, “asal bisa dinikmati itu yang paling penting.”

JPI tidak mau banyak-banyak membocorkan debut albumnya ini. Dia bilang hal ini masih ‘Top Secret’ sambil tertawa-tawa. Pria empat puluh dua tahun ini, pertama kali memainkan gitarnya setelah menonton video KISS sewaktu ia masih duduk di bangku sekolah. Semenjak itu ia mulai menekuni teknik memetik enam string gitar hingga sekarang. Well, we gonna wait till it done! « [teks @HaabibOnta | foto @gregbimz]

SHARE