Yang Harus Diperhatikan Solo Traveler

0
789

Sendirian berwisata? Siapa takut?

Ilustration - Courtesy of sbomag.com
Ilustrasi – courtesy of sbomag.com

Sendiri bukan berarti tiada kawan. Sendiri juga bukan berarti introvert. Mungkin karena ingin mengenal dirinya lebih dalam. Mungkin ingin menantang tubuhnya, atau melepaskan diri dari rutinitas harian yang menekannya. Sendiri bisa seru, bisa sangat mengasyikkan, dan bebas lepas.

Berwisata seorang diri atau menjadi solo traveler adalah sebuah pilihan yang tidak biasa. Mengenal orang baru, bersahabat dengan penduduk lokal, dan menentukan pilihan sendiri, melatih kemandirian.

Namun bagaimana caranya membuat wisata seorang diri menjadi seru dan mengasyikkan? Tip berikut ini semoga dapat membantu.

1. Rencanakan perjalanan
Tentukan liburan Anda, mau ke mana, dan di sana mau ngapain aja. Buatlah ini seperti buku check list. Tandai bila Anda sudah menyelesaikannya.

2. Kenali budaya setempat
Mengetahui budaya tempat wisata yang akan dituju, dapat menghindari kesalahpahaman saat berlibur nanti. Dan pengetahuan ini juga dapat membuat Anda mudah beradaptasi. [Also read: Ini runway rumah mode Moschino atau karyawan McD?]

3. Buat teman baru
Bersikaplah friendly kepada siapa pun yang Anda temui. Perbanyak teman, kenalkan diri Anda dengan penduduk lokal. Teman-teman baru ini bisa menjadi penunjuk jalan Anda atau bahkan teman traveling yang baru.

4. Update
Selalu perbaharui Anda sedang di mana [gunakan aplikasi seperti foursquare, path, atau lainnya]. Gunanya selain sebagai catatan perjalanan Anda, update status juga berfungsi untuk melacak keberadaan Anda jika terjadi sesuatu.

5. Hadiah
Beri penghargaan kepada diri Anda, atas keberhasilan mencontreng semua check list perjalanan Anda. Seperti menyantap hidangan yang disuka sepuas-puasnya.

Semoga perjalanan Anda menyenangkan. « [teks @bartno | foto berbagai sumber]

SHARE