Saat Agnes Monica Nge-Jazz

0
279

Agnes Monica mengisi panggung musik jazz.

Agnes Monica di Java Jazz 3Agnes Monica memang patut disebut artis multitalenta. Bukan hanya piawai bernyanyi dengan tempo yang upbeat sambil nge-dance, namun Agnes kini juga berani mencicipi musik jazz.

Kemampuan bernyanyi dengan musik jazz ditampilkan pelantun lagu “Paralyzed” tersebut dalam pergelaran hari terakhir Java Jazz Festival [JJF] 2014, di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu [2/3] kemarin.

Sekitar 15 menit sebelum aksi jazzy ala Agnes Mo [nama panggung Agnes Monica] dimulai, area konser Clear Hall Stage D2, tempat Agnes manggung sudah dipadati penonton JJF 2014.

Ramainya penonton ini bukan hanya karena nama Agnes yang sudah go internasional, melainkan juga karena rasa penasaran yang tinggi. Seperti apakah musik jazz yang akan dibawakan Agnes. Pasalnya, genre musik ini bukanlah ‘makanan’ sehari-hari Agnes menggeluti dunia tarik suara.

Hadir terlambat di atas panggung dari jadwal yang ditetapkan, sempat membuat penonton jengah dan beberapa kali bersorak. Namun, yang namanya Agnes Monica, entah itu di panggung musik pop, RnB atau jazz sekalipun, penampilan dirinya tetap dinanti. So, meskipun sedikit kesal, tetap saja penonton setia menunggunya.

Setelah menunggu sekitar 30 menit, akhirnya penyanyi kelahiran 1 Juli 1986 ini tampil ke atas panggung dan membuka konser dengan menyanyikan lagu “Flying High”.

Agnes Monica di Java Jazz 2Di lagu pembuka, Agnes yang tampil simple dengan jumpsuit putih dan rambut terurai, ternyata tidak langsung menyuguhkan lagu-lagu yang dibawakannya dengan irama jazz. “Flying High” pun masih disuguhkan dengan musik pop-RnB, dengan segala ornamen dance-nya.

Tanpa banyak menyapa, Agnes pun melanjutkan penampilannya dengan menyanyikan lagu “Bukan Milikmu Lagi”, “Aku Cemburu” dan “Movin’ On” milik Brandy.

Untuk ketiga lagu ini, Agnes meninggalkan hingar bingar musik upbeat-nya, dan beralih dengan nuansa lebih tenang dalam alunan musik jazz soul. “Ya, buat event ini mau lagu yang agak chill out,” ucapnya dari atas panggung sebelum tampil nge-jazz.

Agnes Monica di Java JazzSaat menyanyikan tiga lagu tersebut dalam alunan musik jazz, penonton terlihat menyimak dengan seksama. Agnes pun tampak berusaha bernyanyi dengan teknik yang berbeda, tanpa meninggalkan kemampuannya menjangkau nada-nada tinggi.

Terutama saat meng-cover lagu “His Eye in The Sparrow”, milik Lauryn Hill. Lengkingan dan improvisasi vokal yang luar bisa dipamerkan mantan juri Indonesia Idol ini. Penonton pun kembali dibuat terpukau oleh penampilannya.

Usai ber-chill out, Agnes kembali ke habitat musiknya. Di dua lagu penutup, ia kembali membawakan lagu up beat. Kali ini, penonton JJF 2014 sangatlah beruntung. Pasalnya, setelah membawakan lagu “Hide and Seek”, Agnes menutup penampilannya dengan menyanyikan single internasionalnya bersama musisi Timbaland, “Coke Bottle”, yang memang sangat jarang dibawakan live.

Ya, meskipun sebenarnya di dua lagu berbahasa Inggris tersebut, penonton terlihat antiklimaks dalam menyaksikan penampilan penutup Agnez Mo. Mungkin, karena dua lagu tersebut masih asing di telinga penikmat musik tanah air, atau penonton memang berharap Agnes menutup penampilannya dengan nuansa jazz, sesuai tema festival musik. [teks @DonT_D4 | foto @ditoedan]

SHARE