Sonia Wibisono: Healthy and Happy

0
294

Fresh outside, healthy inside.

Sonia Wibisono 4Tagline salah satu iklan ini tampaknya pantas disematkan untuk si dokter dan presenter, Sonia Wibisono.

Meskipun usia hampir menginjak empat dekade, ibu dari tiga anak ini selalu tampil cantik, awet muda dengan bentuk tubuh terjaga.

Ketika kami menanyakan rahasianya, Sonia justru tertawa. “Saya belum tidur sejak semalam lho,” ungkapnya ketika kami bertemu di sebuah cafe di kawasan Sarinah Thamrin, Jakarta. “Tadi saja saya datangnya terlambat karena ada pasien yang nggak bisa saya tinggal.”

Ah, dokter becanda. Mukanya fresh gitu dan penampilannya seperti habis nyalon. “Saya langsung dari rumah sakit. Tadi juga dandan di mobil,” lanjutnya. Tapi, kenapa dokter tampak lebih awet muda, cantik dan singset ya? Sonia pun menjelaskan ‘dopping‘ sehatnya untuk selalu tampil stunning.

1. Pola Makan
We are what we eat! Artinya, tubuh kita adalah cerminan dari makanan yang kita asup setiap hari. Sonia mengaku bahwa dirinya adalah pemilih makanan. “Saya nggak mau memasukkan racun ke dalam tubuh saya,” ungkapnya. “Jadi, saya nggak pernah makan di kaki lima atau di pinggir jalan.”

Meskipun tubuhnya ideal, dokter cantik ini juga menghindari makanan berkolesterol dan berlemak. Apalagi semenjak memiliki riwayat keluarga dengan kanker payudara, Sonia semakin membentengi dirinya dengan makanan sehat. [Also read: cara selebritas dunia menjadikan seks sebagai aktivitas yang dinanti]

“Saya pernah mengalami kolesterol tinggi gara-gara kebanyakan makan sushi. Telur ikan dan mayonaise di sushi itu berbahaya lho. Saya sekarang justru memilih protein dan lemak sehat dari buah-buahan dan kacang-kacangan, menghindari dari daging babi, kuning telur dan minuman beralkohol,” terangnya panjang lebar.

Selain menjaga pola makan, Sonia membeberkan rahasia tubuh singset.  “ASI ekslusif itu ngefek banget ke tubuh. Memang sih, enam bulan pertama agak susah menurunkan berat badan karena harus tetap makan banyak, tetapi setelah itu berat badan saya justru turun setiap bulan meski memberikan ASI selama dua tahun full,” ungkapnya bangga.

2. Banyak minum air putih
“Air putih justru membuat saya merasa lebih kenyang dan segar. Saya selalu membawa botol air ke mana pun,” ungkapnya. Sonia menjelaskan, tak selamannya rasa lapar itu menandakan tubuh membutuhkan makan. Bisa saja itu tanda kehausan karena di zaman modern seperti ini kita ketergantungan dengan AC, yang sebenarnya membuat tubuh kering.

“Saya tidak minum alkohol dan mengkonsumsi sesuatu yang manis. Apalagi minuman yang dicampur dengan cream, itu bisa menggemukkan badan. Saya prefer jus buah dan susu yang memang lebih menyehatkan,” tambahnya.

3. Tidur cukup
Tidur yang cukup selama 8 jam itu wajib hukumnya, tak bisa ditawar. “Kalau bisa, bukan hanya kuantitasnya saja tapi juga kualitas tidurnya,” ungkapnya. Lantas bagaimana jika kita tak bisa mendapatkan tidur selama 8 jam semalam, dok? “Balas utangmu dengan makanan. Makanan bergizi bisa mengompensasi hal itu.”

4. Melampiaskan stres
Tak ada satu orang pun yang tidak mengalami stres. Sekarang adalah bagaimana cara diri kita untuk mengatasinya. Anda pasti tahu, stres berkepanjangan merupakan cikal bakal penyakit. “Kalau saya, kita itu harus bisa membahagiakan diri kita sendiri. Kita juga harus bisa bersyukur dan melampiaskan stres ini dengan cara halal dan positif,” terangnya.

Sonia mengaku selalu melakukan hobi favoritnya, seperti membaca dan berenang, untuk mengusir stres. “Lakukanlah hal-hal yang menyenangkan dan jangan cari pelarian, seperti makan junk food. Kalau sedang stres, harusnya makan makanan sehat, karena bikin less stress, tubuh juga nggak akan stress lagi,” tambahnya.

Lantas, bagaimana dengan olahraga? “Saya melakukan aktivitas olahraga di rumah, seperti treadmil dan berenang. Apalagi, sekarang harus menjaga anak,” akunya tersipu. [ teks: @innesspw | foto: @Tomi_Nala ]

SHARE