Serba-Serbi Mewarnai Rambut

0
1967

Kenali side efect dari kebiasaan menggonta-ganti warna rambut.

Portrait of beautiful young woman dyeing hairs - isolated on white

Sudah kodrat perempuan untuk selalu tampil cantik dan menarik. Untuk itulah perempuan senang sekali mengubah penampilannya, mulai dari dandanan, rambut, atau pun cara berpakaian mereka. Mereka tampak tidak pernah bosan untuk selalu ‘bereksperimen’ dengan tubuh mereka.

Berbicara mengenai rambut, perempuan juga tidak pernah bosan untuk bermain dengan rambutnya. Salah satunya, bermain dengan warna rambut karena perempuan senang sekali untuk bergonta-ganti warna rambut.

Mewarnai rambut merupakan salah satu cara untuk mengubah penampilan. Namun, mengganti warna rambut bukan hanya kebutuhan untuk tampil beda. Beberapa orang mengganti warna rambut secara berkala untuk menutupi rambut putih atau uban. Namun, tahukah kamu bahwa terdapat beberapa bahaya yang terkandung dari pewarna rambut? Beberapa orang menyebutkan bahwa mengecat rambut akan memberikan efek yang berbahaya bagi rambut dan tubuh kita. Apa sajakah itu? Let’s take a look!

Membuat rambut rusak dan rontok
Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam pewarna rambut akan membuat rambut kita menjadi rusak dan rontok jika kita terlalu sering terpapar pewarna rambut.

Menimbulkan alergi
Pewarna rambut yang dijual di pasaran mengandung para-phenylenediamine [PPD]. Kandungan tersebut yang bisa menimbulkan berbagai macam alergi yang membahayakan.

Menyebabkan penyakit kanker
Permpuan yang mewarnai rambutnya lebih dari sembilan kali dalam setahun, berisiko 60 persen terkena kanker darah atau leukimia. Jika digunakan lebih lama lagi, berisiko terkena kanker kandung kemih. Penyebabnya adalah bahan kimia yang disebut anima sekunder. Bahan kimia tersebut akan menembus dan mengendap lama di kulit kepala. Setelah beberapa waktu, senyawa kimia tersebut akan bereaksi dengan asap tembakau dan asap kendaraan dari lingkungan, dan akhirnya membentuk senyawa kimia pemicu timbulnya sel kanker yang disebut N-nitrosamin.

Gimana? Serem kan ya? Tapi jangan takut. Jangan sampai kamu membatalkan niat kamu mewarnai rambut setelah membaca artikel ini. Kamu tetap bisa mewarnai rambut kamu kok, walaupun tetap akan ada dampaknya buat rambut kamu.

“Setiap tindakan [mewarnai rambut] pasti akan ada dampaknya buat rambut kita. Sekarang tergantung gimana kita perawatannya,” ujar Indra Tanudarma, Education Manager L’Oreal Professionel, dalam acara Scarlet Temptation L’Oreal Professionel, di Jakarta, beberapa waktu lalu. Indra juga menambahkan, sebaiknya konsultasikan ke hairdresser sebelum kamu melakukan pewarnaan rambut. Selain itu, lakukan pewarnaan rambut di salon profesional.

Perhatikan sebelum mewarnai rambut!

hair-color» Jangan mencuci rambut satu hari sebelum melakukan pewarnaan rambut. Hal ini dilakukan agar minyak alami rambut dapat melindungi batang rambut saat proses pengecatan

» Tes alergi. Sebelum mengaplikasikan cat rambut, sebaiknya lakukan pengetesan dibelakang telinga untuk mengetes apakah kulit kita rentan terhadap alergi. Diamkan selama 15 sampai dengan 20 menit untuk melihat reaksi yang ditimbulkan dari cat rambut.

» Perhatikan warna kulit. Warna rambut perlu disesuaikan warna kulit asli. Untuk kulit orang Asia yang cenderung gelap, sebaiknya pilih warna-warna yang gelap agak copper atau warna-warna tembaga. “Kulit gelap itu hindari warna oranye, warna gold, dan hindari warna hangat,” ujar Indra.

» Perhatikan potongan rambut. Potongan rambut juga harus dipertimbangkan agar hasilnya lebih maksimal. Potongan rambut yang tepat akan menonjolkan tekstur pewarnaan.

» Perhatikan kondisi rambut. Jangan memaksakan untuk mewarnai rambut jika kondisi rambutmu rusak. Ciri rambut yang sudah tidak baik untuk diwarnai adalah rambut yang memiliki cabang atau rambut bercabang. selain itu, rambut yang molor jika berada dalam keadaan lembab. Jangan terlalu sering mewarnai rambut. Sebaiknya kita jangan terlalu sering mengubah warna rambut kita. Menurut Education Manager L’Oreal Professionel, Indra Tanudarma, sebaiknya kita mewarnai rambut kita minimal dua bulan sekali.

» Percaya diri. Yang terpenting adalah percaya diri. Kepercayaan diri yang muncul dalam diri akan semakin menonjolkan warna rambut. “Yang penting sih kita harus percaya diri kalau mau mewarnai rambut. Selain itu, konsultasikan dulu ke hairdresser sebelum melakukan pewarnaan rambut,” ujar Indra Tanudarma. [ teks @ratihwinanti | foto berbagai sumber ]

SHARE