Tren Operasi Plastik Favorit Selebriti

0
4737

Tren operasi plastik beserta resikonya.

plastic

Titania Aurelie Nurhermansyah atau yang akrab disapa Loli sedang menjadi buah bibir. Bagi pengguna media sosial aktif pasti mengetahui bahwa putri Anang Hermansyah ini tampak tampil beda akhir-akhir ini.

Lewat beberapa foto yang diunggah di akun Instagram-nya, @AurelHermansyah10, Loli terlihat lebih cantik. Beberapa hal yang terlihat secara kasat mata adalah perubahan warna kulit yang terlihat menjadi lebih cerah. Selain itu, Loli juga tampak lebih langsing. Bagian matanya lebih lebar, pipinya lebih tirus dan dagunya terlihat lebih lancip.

Banyak komentar yang meragukan keaslian wajah Loli di Instagram-nya itu. Sebagian orang berasumsi foto-foto itu hanyalah rekayasa digital semata. Sementara lainnya beranggapan bahwa Loli telah melakukan serangkaian operasi plastik agar mendapatkan wajah dan bentuk tubuh yang sempurna.

Namun, apakah memungkinkan anak berusia 15 tahun seperti Loli melakukan operasi plastik? Mungkin saja foto-foto itu hasil rekayasa digital, atau Loli memiliki make up artist handal yang mampu mengubah penampilannya. Terlepas dari itu semua, memang operasi plastik bukanlah hal asing di dunia hiburan.

Banyak artis berlomba-lomba mempermak penampilannya agar tetap mendapatkan tempat di panggung hiburan. Bahkan di Korea Selatan, operasi plastik sudah dikenal sangat lumrah. Tak hanya di kalangan artis, orang biasapun melakukannya.

Lebih mendalam lagi, operasi plastik atau operasi kecantikan tidak hanya dilakukan di bagian wajah, namun juga bisa dilakukan di bagian tubuh lainnya. Yang penting bisa menunjang penampilan si orang tersebut.

Di Indonesia, operasi plastik sudah dilakukan oleh beberapa artis ternama. Bahkan oleh artis yang dikenal sejak tahun 80-an hingga artis terbaru, seperti Krisdayanti, Ruth Sahanaya, Becky Tumewu, hingga Cynthiara Alona mengakui telah melakukan operasi pembesaran payudara. Begitupun dengan artis seksi Nikita Mirzani yang mengakui telah mengoperasi hidungnya.

Terdapat beberapa jenis operasi yang tampaknya sudah familiar di dunia hiburan. Baik di dalam ataupun luar negeri, sudah banyak yang melakukan operasi ini. Apa sajakah jenis operasi kecantikan yang sering dilakukan para artis? Berikut daftarnya.

hidungRHINOPLASTY

Rhinoplasty adalah operasi yang dilakukan untuk membentuk hidung. Jangan salah tanggap, operasi ini bukan sekedar untuk membuat hidung terlihat mancung. Rhinoplasty sebenarnya berfungsi untuk memperbaiki bentuk hidung sesuai dengan proporsional bentuk wajah.

Jadi, Rhinoplasty ini juga dilakukan untuk memanjangkan atau memendekkan tulang hidung, membesarkan atau mengecilkan lubang hidung serta bermanfaat untuk memperbaiki masalah yang berkaitan dengan struktur hidung yang menyebabkan kesulitan bernafas. Berdasar hasil yang diinginkan, beberapa tulang dapat dihilangkan atau jaringan baru dapat ditambahkan, baik dari bagian tubuh lain atau menggunakan synthetic filler.

» Proses Rhinoplasty

Prosedurnya dilakukan di bawah pengaruh anastesi umum dan operasi berjalan sekitar dua jam lamanya. Pasien bisa langsung pulang ke rumah, dan kembali lagi menemui dokter untuk kontrol satu atau dua kali setelah operasi.

» Efek setelah melakukan Rhinoplasty

Usai operasi, pasien akan menggunakan balutan perban di sekitar hidung selama kurang lebih seminggu. Wajah akan terasa bengkak, juga area sekitar mata untuk beberapa hari kedepan. Akan ada obat khusus untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak yang akan diberikan dokter.

» Resiko Rhinoplasty

Luka parut usai operasi adalah hal yang paling wajar terjadi. Selain itu terdapat juga perdarahan di sekitar bagian hidung. Atau lebih parahnya lagi bisa juga terjadi komplikasi usai operasi. Karena itu setelah melakukan operasi dokter akan terus memantau perkembangan pasien.

mataBLEPHAROPLASTY

Blepharoplasty adalah operasi yang dilakukan pada bagian mata luar, baik yang dilakukan pada bagian kelopak atas mata, atau bagian kantung mata. Pada dasarnya operasi ini dilakukan untuk memperindah bentuk mata agar mata terlihat lebih besar dan cerah. Atau dapat juga dilakukan pada mereka yang telah memasuki masa penuaan sehingga terdapat kantung mata yang besar dan berwarna hitam.

Hal tersebut bisa diatasi lewat operasi ini. Operasi ini sangat popular di Korea Selatan karena kebanyakan orang Korea tidak memiliki lipatan pada kelopak atas mata mereka. Dengan operasi ini, kelebihan jaringan lemak pada kelopak diangkat dan dibentuk sebagai lipatan kelopak mata.

» Proses Blepharoplasty

Prosedur operasi ini sebenarnya tidak terlalu rumit. Hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam lamanya dan berada di bawah pengaruh bius lokal, yang berarti pasien tidak kehilangan kesadaran. Namun bagaimanapun, operasi ini membutuhkan kecermatan dan ketepatan agar mendapatkan hasil yang telah disepakati sebelumnya antara pasien dan dokter bedah plastik.

» Efek setelah melakukan Blepharoplasty

Sekitar seminggu atau lebih, pasien akan mengalami rasa sakit dan tidak nyaman di bagian mata. Bisa juga terjadi bengkak di mata, namun dapat diatasi dengan bantuan analgesik. Untuk mencegah kemungkinan infeksi, pasien harus mengoleskan salep antibiotik pada mata selama beberapa hari sehingga jahitan tidak terinfeksi.

» Resiko Blepharoplasty

Setiap tindakan operasi pasti memiliki resiko, dan operasi ini memiliki resiko komplikasi, atau terjadinya gesekan pada kornea mata dan masih dapat ditangani dengan obat tetes mata. Resiko lainnya adalah terjadinya pembekuan darah di sekitar mata. Adapula resiko penglihatan ganda bahkan kebutaan, meski kasus ini jarang sekali terjadi.

Chin_implantCHIN CORRECTION SURGERY

Dari namanya saja pasti sudah tahu kan, kali ini Ghiboo akan membahas mengenai operasi pembentukan dagu. Operasi ini disukai kaum hawa karena dapat mempercantik bentuk wajah. Biasanya perempuan menginginkan bentuk “V Line” pada wajah mereka. Operasi dagu salah satu yang dapat mewujudkan bentuk itu, ditunjang dengan operasi pembentukan pada rahang.

Operasi ini dilakukan dengan cara mengurangi atau memperluas panjang dagu. Melalui pemasangan implan atau mencangkok lemak, operasi ini diproyeksikan untuk mendapat garis rahang dan garis dagu yang memuaskan.

» Proses Chin Correction Surgery

Prosedur pengerjaan operasi ini bervariasi. Lama tindakan operasi mulai dari satu setengah sampai dua jam lamanya. Bius yang dilakukan juga tergantung bentuk dagu dengan hasil yang diinginkan. Jika hanya menambahkan silikon bisa menggunakan bius lokal namun jika diperlukan pemotongan tulang dilakukan dengan bius umum.

» Efek setelah melakukan Chin Correction Surgery

Seperti pada operasi kecantikan lainnya, usai operasi akan terjadi pembengkakkan di sekitar wajah. Pasien membutuhkan waktu sekitar dua minggu untuk masa pemulihan sebelum beraktifitas seperti biasa lagi. Akan terasa nyeri juga di sekitar bekas operasi.

» Resiko Chin Correction Surgery

Kali ini resiko yang bisa terjadi lebih berat dari operasi lainnya. Karena melibatkan teknik operasi hingga pemotongan rahang, bisa menyebabkan kerusakan syaraf. Operasi ini juga bisa berakibat mati rasa di sekitar wajah. Untuk itu, jika ingin melakukan operasi ini harus mendatangi dokter yang benar-benar ahli di bidangnya.

breastBREAST AUGMENTATION

Satu lagi operasi yang digemari para wanita, yaitu operasi pembesaran payudara. Banyak yang beralasan, memiliki payudara yang besar dapat memperindah bentuk tubuh dan juga menambah rasa percaya diri. Operasi ini dilakukan dengan cara menambahkan implant ke dalam payudara. Terdapat beberapa teknik yang bisa dilakukan dalam operasi ini, akan berhubungan juga dengan hasil akhir dan proses penyembuhannya.

» Proses Breast Augmentation

Proses tindakan operasi ini memakan waktu tiga sampai tiga jam operasi. Selama operasi berlangsung pasien akan berada di bawah pengaruh bius umum. Luka sayatan operasi bisa didiskusikan antara pasien dengan dokter. Bisa di sekitar bawah ketiak atau juga di bagian lipatan bawah payudara. Semua disesuaikan dengan pertimbangan kepentingan pasien.

» Efek setelah Breast Augmentation

Pasien membutuhkan waktu setidaknya dua minggu untuk menunggu sayatan operasi mongering. Akan terasa nyeri dan bengkak pada satu minggu pertama setelah operasi. Setelahnya pasien harus menjalani serangkaian perawatan sampai kondisi sembuh total. Pasien akan mendapatkan injeksi untuk mengurangi bekas luka sayatan operasi dan juga program pijat pasca operasi.

» Resiko Breast Augmentation

Terdapat beberapa resiko dalam operasi ini, seperti infeksi luka, atau bekass luka operasi yang terlihat tidak bagus di kulit sampai dengan rusaknya atau bocornya implant yang berada di dalam payudara.

perutLIPOSUCTION

Terakhir, operasi kecantikan yang juga digemari adalah liposuction atau yang biasa disebut dengan sedot lemak. Operasi ini mengurangi timbunan lemak di bagian-bagian tubuh pasien sesuai keinginannya.

Seiring perkembangan zaman, operasi ini semakin canggih. Hingga kini setidaknya terdapat beberapa tindakan dengan hasil maksimal namun dengan waktu penyembuhan yang lebih cepat.

» Proses Liposuction

Proses operasi ini tergantung dari bagian tubuh mana yang ingin dihilangkan lemaknya. Jika hanya pada bagian tertentu saja, setidaknya membutuhkan satu jam waktu operasi. Namun jika dilakukan untuk banyak bagian, bisa memakan waktu hingga empat jam lamanya.

» Efek setelah Liposuction

Setelah operasi pasien membutuhkan waktu selama dua minggu untuk mencabut benang operasi. Pasien juga masih membutuhkan waktu istirahat lanjutan, atau setidaknya tidak beraktifitas berat dahulu. Usai operasi pasien tentunya akan merasakan rasa sakit yang tersisa. Dan butuh penyesuaian dengan bentuk tubuh.

» Resiko Liposuction

Terdapat banyak resiko dengan dilakukannya operasi ini. Meski dianggap instant dapat memperindah bentuk tubuh namun operasi ini dapat berakibat infeksi, kerusakan system syaraf dan juga gelambir pada kulit. Bisa terjadi kerusakan pada bagian kardiovaskular dan juga bisa berakibat mati rasa pada bagian tubuh. « [ Teks @nandiyanti | foto berbagai sumber ]

SHARE