Kartini Modern ala B3

0
361

Penampilan ala opera B3.

b3 - 1Cantik, enerjik, dan menghibur. Itulah yang terlintas saat Riafinola Ifani Sari atau Nola, Widi Mulia atau Widi, dan Cynthia Lamusu atau Cynthia saat tampil di panggung Java Jazz Festival 2014, 1 Maret lalu.

Penampilan mereka di atas panggung merefleksikan diri Kartini di era modern. Bagaimana tidak, ketiga wanita cantik yang tergabung dalam grup B3 ini tampil elegan dalam balutan kebaya modern berwarna hitam.

Meski memakai kebaya juga kain, gerak ketiganya tidak terbatas. Malam itu Nola, Widi, dan Cynthia menyanyikan lebih dari 10 lagu. Mereka mengawali penampilan dengan membawakan lagu “Kopral Jono”.

Seiring musik yang mengalun, ketiga anggota B3 ini pun lincah menari. Bergerak mengalir sesuai dengan ritme lagu. Tanpa jeda mereka pun lanjut membawakan lagu kedua. Kali ini mereka membawakan lagu “Eh Hujan Gerimis Aje” dan disambung dengan “Kompor Meleduk”.

B3 - 2Bak pertunjukan opera, musik dan gerak tubuh mereka berpadu dengan indahnya. Ditemani tiga penari latar pria, gerakan mereka kian senada di atas panggung. Penonton seolah dihipnotis penampilan satu paket komplet dari B3.

Si Jago Mogok” adalah lagu terakhir di segmen pembuka. Di lagu itu, baik Nola, Widi, dan Cynthia tak henti mengeksplorasi gerakan. Ketiganya bahkan naik ke atas kursi properti yang ada di atas panggung. Padahal, sekali lagi, mereka menggunakan kostum kebaya. Bisa dibayangkan betapa hebohnya pertunjukan yang mereka sajikan?

Tak selesai di situ. B3 menghilang dari panggung. Ketiganya kembali, seolah bersembunyi di balik sebuah layar putih. Dari arah penonton, Ghiboo dan penonton lainnya dapat melihat gerakan anggota B3 di balik layar putih tersebut. Mereka berganti kostum.

Benar saja, mereka kemudian muncul dalam pakaian berwarna serba hitam. Setelan jas dilengkapi dengan dasi kupu-kupu. Ketiganya kembali beraksi. Masih dengan energi penuh Nola, Widi, dan Cynthia kembali bernyanyi. Kali ini mereka membawakan lagu yang lebih kental nuansa jazz-nya.

B3 - 3Di segmen kali ini, mereka menyanyikan “One Night Only”, “All That Jazz”, dan “Diamonds Are A Girl Best Friend”. Usai menyanyikan ketiga lagu itu, mereka berhenti sejenak. Menyapa para penonton yang telah menyempatkan waktu untuk menyaksikan penampilan mereka. Mereka merasa bahagia karena masih banyak penonton yang mengapresiasi penampilan musisi dalam negeri.

Dalam bincang kecil di atas panggung, para anggota B3 juga berharap penonton mau menyaksikan bakat-bakat muda dalam negeri lainnya. “Terimakasih sudah menyaksikan kami. Jangan lupa juga masih banyak adik-adik kami ada Dira Sugandi, Raisa, Tulus juga. Dan besok juga ada Mbak Uthe yang akan tampil di sini,” kata Widi di sela-sela bincang kecilnya.

Tentu saja B3 memahami banyak penonton yang menyempatkan hadir di JJF untuk menyaksikkan penampilan artis luar seperti Jamie Cullum dan Natalie Cole. Namun di luar itu mereka yakin masih banyak musisi Indonesia berbakat lainnya yang patut disaksikan.

Usai menyapa para penonton di Hall A3, JiExpo, Kemayoran, Jakarta mereka kembali bernyanyi. Mereka membawakan “Hey”, “Got To Be Real”, “Shine of Silver Moon” dan beberapa lagu lainnya. Malam itu penampilan mereka menjadi salah satu penampilan yang dipadati penonton JJF 2014. « [teks @nandiyanti | foto @mirzablue]

SHARE