Wayang Rock Happy Salma

0
469

Betapa sukanya Happy Salma terhadap perwayangan.

Happy Salma 2Setelah beberapa kali menjadi produser pertunjukan karya sastra klasik, Happy Salma mencoba sesuatu yang berbeda. Sekarang ia sibuk menjadi produser pagelaran wayang orang. Berkolaborasi dengan Arie Dagienkz sebagai sutradara, keduanya memadukan cerita pewayangan dan musik rock.

Untuk melengkapi pertunjukan bertajuk Wayang Orang Rock Ekalaya ini, keduanya mengajak rekan musisi rock sebagai wayang. Maka, muncullah nama-nama pemusik seperti Stevie Item, Otong ‘Koil’ dan Jikun/rif. Sebagai pemanis, ditaruhkan aktris senior Sophia Muller.

Happy, 34 tahun, mengungkapkan banyak sekali alasan di balik penyelenggaraan wayang orang ini. Hal pertama tentunya rasa sukanya pada cerita pewayangan. Saya tahu wayang sejak kecil karena sering diceritakan ayah, kata  bintang film Air Mata Terakhir Bunda itu.

Menurut perempuan penyuka tokoh Drupadi ini, falsafah cerita pewayangan itu sangat dekat dengan kehidupan manusia. Karena itu ia terus menyukai cerita pewayangan hingga kini.

Wayang Orang Rock Ekalaya diselenggarakan di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Sabtu 15 Maret 2014, pukul 8 malam. Ketika ingin membuat pertunjukkan ini, Happy dan Arie berusaha membuat sesuatu yang baru. Meski tetap dengan pakem pewayangan, namun tetap dilakukan modifikasi.

“Wayang kan multi tafsir ya, bisa ditafsir oleh berbagai generasi, dan sekarang kenapa tidak kita coba interpretasikan dengan bahas kekinian?” ujar istri Tjokorda Bagus Dwi Santana Kertayasa.

Happy dan Arie Dagienkz dengan apik mengemas cerita pewayangan ini dengan sesuatu yang fresh. Keduanya sadar saat ini minat anak muda menonton pertunjukan wayang sangatlah minim. Karena itu, ia berharap dengan adanya acara ini bisa memberi pandangan lain tentang wayang dan dapat menggugah rasa suka pada cerita pewayangan.

Dalam memodifikasi pertunjukan wayang ini Happy melakukan banyak brain storm dengan banyak pihak, terutama dengan Arie Dagienkz dan juga orang-orang yang paham cerita pewayangan. Selebihnya, Happy menghabiskan waktu membaca banyak cerita wayang, baik pewayangan dalam negeri ataupun yang telah ditafsir di beberapa negara lain seperti Amerika atau India.

Happy menjanjikan sesuatu yang berbeda dalam pertunjukan ini. Salah satu yang berbeda adalah penggunaan gitar sebagai pengganti panah dalam lakon asli yang berjudul Bambang Ekalaya ini. Selain itu hentakan musik rock juga akan memeriahkan wayang orang ini.

“Kalau dangdut saya tidak begitu mengerti. Sedangkan kalau jazz, aduh gimana ya, susah juga adegan perangnya nanti. Saya merasa rock itu paling menghentak,” kata Happy menjelaskan.

Tidak hanya lagu rock, Happy juga menjanjikan hadirnya lagu-lagu popular lainnya seperti lagu dari musisi legendaris Chrisye dan juga tembang diva Krisdayanti. [Also read: luna maya cerita cara bersurvival dan ciuman terakhirnya]

Di luar itu, lagu-lagu musisi rock dunia pun akan meramaikan pertunjukan ini. Salah satunya lagu milik band Metallica. Tentunya lagu-lagu tersebut juga akan diiringi sentuhan musik gamelan.

Kemeriahan apalagi yang akan ditampilkan di sana? Tim Wayang Orang Rock Ekalaya juga mengatakan akan terdapat digital visual yang lain dari pertunjukan wayang orang kebanyakan. Hal itu tentunya mendukung pendalaman karakter dan cerita di dalam pertunjukan ini.

Happy berharap, proyeknya kali ini bisa memberi warna lain bagi seni pertunjukkan panggung di Indonesia, khususnya pewayangan. [teks @nandiyanti | foto @gregbimz]

SHARE