Trip ke Karimunjawa Tanpa Paket Tour

0
2721

Tempat indah bagi para penggemar wisata alam.

SONY DSC
Karimunjawa dari Bukit Joko Tuwo – @bartno

Karimunjawa merupakan kepulauan yang berada di Laut Jawa, tempat para spesies cantik yang hidup di laut, dan indahnya pemandangan alam sekitarnya. Bagian dari Kabupaten Jepara, Jawa Tengah ini telah ditetapkan sebagai Taman Nasional pada 2001 lalu.

Jutaan turis telah menginjakkan kakinya di sini, baik yang lokal maupun mancanegara. Begitu pun Ghiboo yang amat penasaran ingin menyentuh keindahannya secara langsung.

Menuju ke sana tanpa paket tour, berikut hasil penelusuran Ghiboo yang berangkat dari Jakarta.

Transportasi
» Hampir terminal bus Antar-Kota Antar-Provinsi yang ada di Jakarta menyediakan jalur ke Jepara. Tarifnya, berkisar antara 140 ribu hingga 180 ribu rupiah, tergantung kelas. Waktu perjalanan lebih kurang 12 jam, untuk tiba di Alun-alun Jepara.

» Dari Alun-alun ke Pantai Kartini atau Pelabuhan Penyeberangan Jepara, bisa berjalan kaki sekitar 25 menit dengan jarak lebih kurang 2,5 km. Atau naik becak dengan tarif berkisar antara 10-20 ribu rupiah.

» Di Pelabuhan Penyeberangan Jepara ke Pulau Karimunjawa, jika menggunakan kapal KMP Muria dengan waktu tempuh sekitar 6 jam, dikenai biaya 44 ribu rupiah untuk ekonomi dan VIP 96 ribu rupiah. Bila memilih kapal cepat seperti Express Bahari tarifnya dimulai dari 110 ribu rupiah hingga 130 ribu rupiah dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Penginapan
Tarif penginapan tergantung fasilitas yang disediakan, pakai ac, kipas angin, atau kamar mandi pribadi atau sharing, harganya mulai dari 60 ribu rupiah per malam hingga dua juta rupiah per malam. Oh iya, listrik di sini hanya aktif dari pukul 6 malam hingga 6 pagi.

Aktivitas
Snorkeling, diving, biking, fishing, swimming, running, trekking di hutan mangrove, dan berenang bersama hiu. Bila ingin mengelilingi pulau ini dengan santai, sewa saja sepeda motor dengan tarif 70 ribu rupiah per 12 jam atau sepeda MTB dengan rata-rata tarif 30 ribu rupiah per 12 jam. Untuk paket snorkeling bareng-bareng dengan wisatawan lain, biayanya tahun lalu dimulai dari 110 ribu rupiah per hari. Sedangkan untuk diving, paket perharinya dimulai dari 750 ribu rupiah [semakin banyak peserta semakin murah].

Pulau Cemara Kecil
Pulau Cemara Kecil – @bartno

Makanan
Ada beberapa tempat menginap yang juga menyediakan paket makanannya dan ini biasanya lebih murah. Bila ingin merasakan jajanan sekitar, Anda bisa menikmatinya mulai dari sembilan ribu rupiah.

Pulang
Dengan harga tiket yang sama dari Karimunjawa menuju Pelabuhan Penyeberangan Jepara, dari sana Anda tinggal naik becak menuju Terminal Jepara. Waktu itu, harga bus yang sama yang kami naiki saat berangkat dari Jepara ke Jakarta tarifnya lebih mahal, yaitu naik sekitar 10 persen.

Total budget minimal selama tiga hari di Karimunjawa adalah: 575 ribu rupiah.

Selamat berpetualang! « [teks dan foto @bartno]

SHARE