Mitos vs Fakta Seputar Kehamilan

0
211

Pertanyaan yang banyak mengganggu para wanita.

pregnant edit

Kehamilan adalah anugerah yang luar biasa dari Tuhan bagi para calon orangtua. Banyak yang menyebut datangnya anak menjadi penanda datangnya rezeki. Karena itulah para ibu-ibu yang sedang hamil sangat menjaga kehamilannya.

Ketika mengetahui positif hamil, yang terlintas dalam pikiran para wanita adalah bahwa hamil itu tidak mudah dan banyak aturannya. Dr. Ivan Sini, SpOG, spesialis kandungan dari Rumah Sakit Bunda, Jakarta, menjawab beberapa masalah yang kerap menghantui wanita hamil. Dr. Ivan juga banyak berbicara mengenai masalah kesuburan.

Q: Benarkah seks selama masa kehamilan dapat menyakiti sang janin?
A: Sebenarnya melakukan hubungan intim selama hamil diperbolehkan, nggak apa-apa. Selama tidak ada komplikasi kehamilan, seks dipersilahkan.

Q: Bolehkan menyusui saat hamil?
A: Boleh, hanya saja jika sang ibu hamil akan memasuki fase-fase bulan ke dua hingga ke tiga, sebaiknya secara pelan-pelan mulai menggunakan bantuan susu formula.

pregnant lagi editQ: Amankah bepergian dengan pesawat terbang saat hamil?
A: Boleh kok aman, tapi kalau bisa konsultasikan dulu dengan dokternya, supaya ada rujukannya.

Q: Berapakah kenaikan berat badan ideal saat hamil?
A: Sekitar 15 sampai 20 kilogram per kehamilan. Tapi tak perlu khawatir akan menjadi jelek. Memberikan ASI secara eksklusif justru membantu berat badan turun kembali.

Q: Mengapa saya belum hamil-hamil juga?
A: Banyak ya faktor-faktor yang membuat wanita belum bisa hamil. Tetapi yang pasti 40 persen dari seluruh pasangan yang belum punya anak disebabkan oleh faktor wanita dan 40 persen lainnya dari faktor pria. Yang 10-20 persen biasanya gabungan atau tidak diketahui penyebabnya sama sekali.

Kalau dari sisi wanitanya, dikenal dengan anovulatory. Anovulatory adalah siklus menstruasi yang terjadi tidak diikuti dengan pengeluaran sel telur dari indung telur. Masalah lain yang kerap terjadi pada wanita susah hamil adalah saluran telur yang mampet, ada masalah dengan kista, infeksi saluran panggul dan mungkin juga macam-macam yang tanpa penyebab yang biasanya di atasi oleh dokter saat pasien datang.

Q: Apakah ada cara untuk meningkatkan kesuburan?
A: Nggak ada. Karena yang pasti setiap pasangan itu subur. Dalam satu sampai dua tahun biasanya sekitar 80-90 persen peluang akan hamil. Hanya saja kalau belum hamil biasanya konsultasi ke si dokter untuk mengecek dan mengevaluasi penyebab-penyebabnya. [ teks @shintaasarass | foto berbagai sumber ]

SHARE