Ide Pertama Teh dalam Kemasan

0
203

Ide awal teh botol Sosro.

Kesuksesan-Teh-Botol-Sosro-Mengalahkan-Coca-Cola-1Dari perkebunan teh yang ada di pegunungan, dipilih daun-daun terbaik untuk bahan baku teh dalam kemasan pertama di dunia.

Adalah keluarga Sosrodjojo asal Slawi, Jawa Tengah, yang mencetuskan ide teh dalam kemasan, Teh Sosro.

Awal mulanya dari ide mempromosikan teh kering Teh Cap Botol ke masyarakat Jakarta. Pertama cicip rasa menggunakan cara memasak dan menyeduh langsung di tempat. Cara ini tidak berhasil karena teh yang diseduh terlalu panas dan proses penyajiannya terlampau lama, sehingga membuat pengunjung tidak sabar menunggu.

Kedua, teh diseduh di kantor, dan dibawa menggunakan panci-panci besar dan dibawa ke pasar. Lagi-lagi cara ini kurang berhasil karena teh yang dibawa sebagian besar tumpah dalam perjalanan dari kantor ke pasar. Hal itu karena saat itu jalanan Jakarta masih berlubang.

Dari pengalaman itulah kemudian muncul ide untuk membawa teh dalam kemasan yaitu botol yang sudah dibersihkan. Cara ketiga ini menarik pengunjung, karena kepraktisan dan juga rasanya. Dan pada tahun 1974 didirikanlah PT Sinar Sosro yang merupakan pabrik teh siap minum dalam kemasan botol pertama di dunia.

Dengan teknologi terkini, menggunakan gula pasir industri [lebih halus dari gula pasir rumahan], daun teh pilihan, dan tanpa bahan pengawet, Teh Botol Sosro dibuat setiap harinya dalam enam pabriknya yang ada di Indonesia.« [teks @bartno | foto ist ]

 banner rabu ghiboo

SHARE