Single Kocak The Rain

0
477

“Kita sih awalnya nggak niat bikin lirik yang kocak.”

the rainMasih ingat band dengan lagu melow-nya, “Dengar Bisikku”? Ya, The Rain, mereka kini siap balik lagi meramaikan industri musik tanah air melalui single terbarunya bertajuk “Terlatih Patah Hati.”

Menurut vokalis Indra Prasta, lirik lagu terbaru The Rains kali ini lebih kocak. Beda dari karya sebelumnya yang dominan dengan nuansa sedih.

“Kita sih awalnya nggak niat bikin lirik yang kocak, niatnya cuma bikin lagu nggak sedih aja. Nah, biar nggak sedih, liriknya jadi menertawakan kesedihan,” katanya ketika datang ke redaksi Ghiboo.

Selain hadir dengan nuansa musik dan lirik yang lebih fresh, single “Terlatih Patah Hati” juga membawa The Rain berkolaborasi dengan band rock tanah air, Endank Soekamti. [Also read: Secantik dan seramping Dian Sastro usai dikaruniai dua anak]

Mungkin dalam bayangan G-Viewers, kolaborasi antara dua ini lebih mempengaruhi musik. Pasalnya keduanya merupakan band yang berbanding jauh soal genre. Namun, kenyataannya tidak.

Diungkapkan kembali oleh sang vokalis, bila kehadiran Endank Soekamti di single ini hanya sekadar pengisian vokal di bagian reff. Sedangkan musik 100 persen tetap digarap The Rain.

“Endank Soekamti isi bagian reff, teriak-teriakan saja,” ujar Iwan Tanda, gitaris. “Menurut kami Endank Soekamti merupakan band yang punya harmonisasi vokal yang bagus. Selain itu, karena kita sama-sama band indie, dan kita memang berasal sama-sama dari Jogja dan udah lama sahabatan.”

Makna lagu
Diceritakan kembali, dalam proses penggarapan single “Terlatih Patah Hati” yang memakan waktu enam bulan ini, The Rain dan Endank Soekamti menjalani proses rekaman surat-menyurat.

Hal ini dikarenakan jarak yang terpisah antara The Rain dan Endank Soekamti. Seperti diketahui, Indra Cs memang berasal dari Yogyakarta, tapi setelah sukses di album pertama band ini memutuskan menetap di Jakarta. Sedangkan Endank Soekamti berdomisili di Yogyakarta.

“Kita saling berkirim surat elektronik [e-mail] untuk bertukar data. Kita nggak mungkin rekaman bareng di Jakarta, karena teman-teman Endank Soekamti juga sibuk di Jogja,” ujar Indra, kembali.

“Jadi, kita rekaman basic dulu di Jakarta, kemudian kita kirim file-nya via email, selanjutnya mereka melakukan rekaman part mereka, dan dikirim balik ke Jakarta.”

“Untuk mastering sampai selesai kita lakukan di Jakarta. Jadi, kita memang belum pernah satu studio bareng,” tambah vokalis berambut cepak ini.”

Sedangkan tentang makna lagu “Terlatih Patah Hati”, Indra selaku pencipta lagu menjelaskan kalau lagu ini ditulisnya untuk mengajak setiap pendengar untuk bangkit dari patah hati dan move on dari cinta masa lalu.

“Lagu ini saya tulis pada suatu malam, iseng-iseng main gitar. Insipirasi dari mantan-mantan saya,” ujar Indra.

Tidak hanya kembali menggebrak lewat single, rencananya single “Terlatih Patah Hati” ini sebagai persiapan The Rain menuju album keenam. Indra Cs pun membocorkan sedikit soal persiapan album terbaru mereka.

“Sekarang kita sedang mengumpulkan materi-materi lagunya. Kita juga maunya ada kolaborasi-kolaborasi dengan musisi lintas genre lainnya juga,” tutur Iwan bersemangat.

Saat ditanya mengenai tentang harapan terhadap single baru, band yang pernah merilis komik berjudul Ciyuh Anak Band ini pun mengungkapkan kalau mereka tidak memiliki harapan muluk-muluk. Hanya ingin para pencinta musik dapat menerima karya terbaru dan datangnya penggemar baru.

The Rain terbentuk 2001. Mereka digawangi Indra Prasta [vokal, gitar], Iwan Tanda [gitar], Ipul Bahri [bass] dan Aang Anggoro [drum]. [teks @Dont_D4 | foto @gregbimz]

SHARE