Menghambat Laju Krisis Air

0
312

Waspada krisis air.

illustration by salon.com
illustration by salon.com

Mungkin sebagian Anda yang tinggal di kota besar tidak merasakan adanya krisis air. Tapi sebenarnya, Indonesia sudah mengalami krisis air.

Firdaus Ali selaku Pendiri dan Ketua Indonesia Water Institute memaparkan kondisi air bersih di Indonesia, “Sebenarnya, sejak tahun 2000 telah terjadi kelangkaan air bersih di beberapa kawasan di Indonesia. Data memperlihatkan bahwa Pulau Jawa telah mengalami defisit air sebesar 2,809 miliar meter kubik, Sulawesi 9,233 miliar meter kubik, Bali 7,531 miliar meter kubik, dan NTT 1,343 miliar meter kubik.”

“Di Jakarta sendiri, sampai tahun 2013 cakupan layanan air bersih baru mampu menjangkau sekitar 38 persen dari total jumlah populasi [10,1 juta jiwa]. Jika sepersepuluh dari warga Jakarta dapat mengubah perilakunya untuk menghemat air, maka dapat memperlambat laju krisis air,” jelas Firdaus.

Dan diperkirakan sekitar 321 juta jiwa penduduk Indonesia akan mengalami kelangkaan air bersih pada 2025. Pertumbuhan penduduk yang tidak sebanding dengan ketersediaan air dan perilaku masyarakat yang boros air menjadi penyebab utamanya.

Karena itu, PT Unilever Indonesia, Tbk. melalui brand Molto, dalam tema “Molto Save Our Water for the Next Generation” melakukan edukasi penghematan air sejak awal tahun ini. Kegiatan itu antara lain:

Roadshow ke puluhan kota di Jawa dengan fokus mengedukasi para ibu-ibu dan masyarakat mengenai bagaimana upaya penghematan air.

Kompetisi “1000 Cerita Menghemat Air” untuk mengajak ibu-ibu sharing mengenai tips dan trik atau komitmen masing-masing mengenai cara menghemat air. Dan jumlah cerita yang terkumpul mencapai 8.718 cerita.

Mengumpulkan pledging sebagai tanda berkomitmen untuk menghemat air demi kelangsungan hidup generasi mendatang.

Puncak dari rangkaian kegiatan “Molto Save Our Water for the Next Generation” adalah pada Sabtu lalu [22/03] yang bertepatan dengan Hari Air Sedunia. Acara ini diadakan di Taman Banteng Jakarta dengan dihadiri, Riyanni Djangkaru, Novita Anggie, dan Anang & Ashanti.

Novita Anggie, Riyanni Djangkaru, Pauline Liongosari, Firdaus Ali [courtesy of Alchemy]
Novita Anggie, Riyanni Djangkaru, Pauline Liongosari, Firdaus Ali [courtesy of Alchemy]
“Kegiatan ‘Molto Save Our Water for the Next Generation’ yang bertepatan dengan peringatan Hari Air Sedunia ini dilakukan untuk bantu menyadarkan keluarga Indonesia atas pentingnya menghemat air terutama dalam kegiatan rumah tangga sehari-hari,” ujar Pauline Liongsari selaku Brand Manager Molto PT Unilever Indonesia, Tbk.

Selain itu dengan menggunakan produk Molto Ultra Sekali Bilas, dapat mengurangi konsumsi air hingga 20 liter sekali mencuci. Karena Molto adalah pelembut pakaian konsentrat dengan teknologi terbaik yang mampu menjaga pakaian tetap lembut, terawat dan keharuman lima kali lebih lama.«[teks @bartno]

SHARE