Holi Festival: Perayaan Menyambut Musim Semi Ala India

0
1096

Ini kebudayaan India sungguhan..

holi 8Ada banyak cara membuat fun running bukan hanya sekadar lomba lari biasa. Penyelenggara menambah kemeriahan dan keriuhan dengan lemparan serbuk atau siraman cat warna-warni selagi lomba berlangsung. Menyenangkan, seru, dan pasti heboh.

Ketimbang berpikir serius untuk jadi juara, lebih asyik menikmati pemandangan seru berupa tubuh para pelari bertabur warna-warni. Tapi adakah G-Readers yang tahu dari mana hal itu berasal?

Kegiatan color run adalah sebuah festival tahunan yang sudah berlangsung sejak ratusan tahun lalu di India. Festival ini dikenal dengan sebutan Holi yang berarti warna. Biasanya berlangsung selama tiga hingga enam belas hari pada bulan Maret.

Holi Festival merupakan perayaan menyambut Musim Semi bagi orang India serta Nepal. Seiring berjalannya waktu, Holi Festival mulai dirayakan di berbagai negara yang memiliki warga-warga pemeluk Hindu-India. Indonesia salah satunya!

Perayaan Holi Festival di Indonesia dibuka dengan sebuah Night Art Festival di Pasar Seni, Ancol. Banyak ragam seni yang dipertunjukkan maupun diperjualbelikan pada Jum’at [21/03].

Ada beberapa oleh-oleh yang bisa dibawa pulang mulai dari t-shirt, sari [pakaian tradisional India], dan lukisan-lukisan. Sementara itu, ada juga live perform dari para seniman lokal yang ikut menyemarakkan Holi Fest dengan melukis bentuk wanita yang sedang menari di atas kanvas, body panting, dan memahat.

holi 7Gujrit Singh, Duta Besar India untuk Indonesia, membuka secara langsung festival musim semi kali ini. Ia berharap melalui adanya perayaan ini masyarakat Indonesia dapat mengenal kebudayaan India secara lebih jauh. Selain itu, perayaan ini juga menjadi bentuk kerjasama antara India dengan Indonesia selama enam dekade terakhir.

Event ini bukan hanya sekadar hiburan, tapi juga menjadi sarana edukasi untuk masyarakat banyak,” tutur Gujrit Singh di atas panggung yang berdiri di tengah Pasar Seni Ancol.

Ini merupakan kali pertama Holi Fest digelar di Indonesia. Jika biasanya hanya melalui film Bollywood, kini, lewat segala hal mengenai kebudayaan India, mereka perkenalkan.

Makanan asli India, bazaar, tarian, juga nyanyian ada di pagelaran ini. Belum lagi semua orang yang hadir memang punya garis keturunan India. Rasanya seperti berada di miniatur India. Ditambah semua orang menggunakan bindi di dahinya.

Pada festival ini, Guru Ji dari Pusat Kebudayaan India bersama delapan muridnya menampilkan sebuah tarian tradisional bernama Tari Punjabi. Holi Fest belumlah lengkap jika tidak ada tarian ini. Sebuah tarian dalam budaya masyarakat bukan cuma ajang hiburan belaka.

Tarian, menurut mereka, merupakan medium doa kepada dewa-dewa. Tari Punjabi ditujukan bagi Dewa Wisnu agar musim semi kali ini panen dapat berlimpah dan rezeki juga bertambah.

Ada juga lagu yang tak boleh ketinggalan untuk dinyanyikan ketika perayaan ini berjalan. “Holi Song”! Lagu ini pun merupakan sebuah doa serta puja-puji untuk para dewa supaya musim baru yang akan tiba membawa sebuah kebaikan. « [teks @HaabibOnta | foto @gregbimz]

holi 9 holi 4 holi 2 holi 1 holy 6

SHARE