Teddy Bear dan Kisah di Balik Namanya

0
1365

Ini hikayat si beruang unyu-unyu, Teddy Bear..

kolase teddy bearTheodore Roosevelt. Setidaknya banyak orang mengetahui bahwa Roosevelt pernah menjabat sebagai presiden Amerika Serikat yang ke-26. Selebihnya, Roosevelt diketahu memiliki hobi berburu. Dan dari hobinya tersebut tercetuslah nama sebuah boneka yang telah mendunia, Teddy Bear. Daripada cuma dipeluk-peluk, yuk simak ceritanya..

Syahdan, di tahun 1902, Roosevelt melakukan kunjungan ke Mississippi atas undangan Andrew H. Longing. Selama berada di sana, Roosevelt melakukan perburuan. Sayangnya selama tiga hari, tak satu pun hewan yang berhasil didapat.

Sampai di hari berikutnya, rombongan Roosevelt melihat seeokor beruang tua, namun Roosevelt tak melihatnya. Kemudian rombongan itu menjebak si beruang agar tak bisa melarikan diri.

Setelah beruang tak berdaya, mereka membuat Roosevelt menemukannya. Sayangnya, setelah menemukan beruang itu Roosevelt menolak menembaknya dengan alasan beruang itu tak berdaya, tak punya kesempatan melarikan diri.

Kisah itu tersebar ke penjuru kota, hingga dipublikasikan ke dalam suratkabar. Mengetahui kisah itu, kartunis Clifford Berryman terinspirasi dan menggambar kartun dalam wujud seekor beruang. Gambar tersebut kemudian dipublikasikan di Washington Post pada November 1902.

Kartun itu sampai ke sebuah keluarga penjual permen dan alat tulis di Brooklyn, Morris Michto. Morris meminta istrinya membuatkan sebuah boneka yang persis seperti yang ada di kartun buatan Berryman. Usai pengerjaan boneka, Morris mengirimkan surat ke Gedung Putih untuk menggunakan nama sang presiden sebagai nama boneka tersebut.

Yap, Teddy merupakan nama panggilan sang presiden. Kala itu presiden berpikir tak ada salahnya memberikan nama panggilannya menjadi nama boneka. Jadilah boneka tersebut dinamai Teddy Bear. Siapa sangka pada akhirnya boneka tersebut mendunia dan tetap dicintai hingga kini.

Saat ini sangat mudah menemui wujud si boneka beruang nan menggemaskan itu. Namun jika ingin melihatnya dalam berbagai wujud, Anda bisa berkunjung ke Museum Teddy Bear. Setidaknya terdapat lima Museum Teddy Bear yang terkenal dan tersebar di dunia. Di mana sajakah? Berikut lokasinya.

teddy bear museum1. Teddy Bear Museum [Petersfield, Inggris]
Tahun Berdiri 1984
Museum ini adalah Museum Teddy Bear yang pertama didirikan. Terdapat banyak jenis boneka Teddy Bear yang disimpan di dalamnya. Sayangnya, museum ini sudah ditutup pada tahun 2008 lalu. Namun seiring waktu, banyak Museum Teddy Bear lain yang dibuka di berbagai negara.

2. Teddy Bear Museum of Naples [Florida, USA]
Tahun Berdiri 1990
Sama seperti museum di Petersfield, museum yang menyimpan sejumlah boneka Teddy Bear ini telah berhenti beroperasi sejak tahun 2005 lalu. Saat masih dibuka, museum ini dioperasikan sebagai organisasi non-profit, dan menerima dana dari donasi, serta keuntungan dari tiket museum, penjualan toko suvenir, dan keanggotaan klub.

3. The Dorset Teddy Bear Musseum [Dorchester, Inggris]
Tahun Berdiri tidak diketahui
Museum ini memiliki banyak koleksi boneka Teddy Bear. Banyak boneka yang dibuat menyerupai bentuk asli mereka yang lahir di tahun 1906. Museum ini dibuat seolah berada di dalam rumah tinggal “boneka hidup”. Di dalamnya terdapat boneka Teddy Bear dengan jenis Rupert Bear, Winnie the Pooh, dan Paddington. Tempat ini cocok dikunjungi sebagai tujuan wisata keluarga.

4. The Teddy Bear Museum – Stratford Upon Avon Polka Theatre [London, Inggris]
Tahun Berdiri  2000
Polka Theatre kedatangan penghuni baru. Koleksi Teddy Bear unik Stratford Upon Avon dipercayakan kepada Polka Theatre, dan menjadi salah satu bagian dari Polka Theatre selain pertunjukan anak-anak, tempat membaca untuk anak-anak serta tempat bermain yang bertempat di Wimbledon, London, Inggris.

5. Musseum Teddy Bear [Pulau Jeju, Korea Selatan]
Tahun Berdiri 2001
Museum ini salah satu tujuan wisata favorit di Korea Selatan. Museum ini berada di Pulau Jeju, pulau yang memiliki segudang tujuan wisata. Di Museum Teddy Bear ini terdiri dari beberapa bagian, yaitu History Hall, Art Hall dan Project Exhibition Hall. Di museum ini kita bisa belajar mengenal Teddy Bear mulai dari sejarahnya hingga perkembangannya dari tahun ke tahun. Di tempat ini juga terdapat Teddy terkecil di dunia berukuran 4,5 mm. « [teks @nandiyanti | foto berbagai sumber]

SHARE