Do and Don’ts saat Nyepi

0
174

Apa yang boleh dan tak boleh di Hari Raya Nyepi?

Illustration courtesy of baliorti.com
Illustration courtesy of baliorti.com

Senin depan [31/03], Hari Raya Nyepi dirayakan seluruh umat Hindu di Bali. Ini berarti segala aktivitas yang berhubungan dengan dunia dihentikan sementara. Dalam waktu seharian [06 pagi hingga 06 pagi esoknya] Pulau Dewata akan sunyi, hening, sssttt!

Nyepi adalah hari raya umat Hindu yang dirayakan setiap Tahun Baru Saka. Pada waktu ini, para penganut Hindu diharuskan: Amati geni [tidak menyalakan api termasuk memasak]. Itu berarti melakukan upawasa [puasa]. Amati karya [tidak bekerja], menyepikan indera. Amati lelungan [tidak bepergian]. Dan Amati lelanguan [tidak mencari hiburan].

Bila Anda berada di Bali pada saat perayaannya, ada hal-hal yang perlu diperhatikan supaya liburan Anda tetap nyaman.

Dilarang:
1. Jalan-jalan
Kalau hanya masih di dalam area penginapan, boleh saja. Kalau sudah keluar dari situ tidak boleh.

2. Gaduh
Usahakan setenang mungkin. Meski sedang nonton film perang, perkirakan audionya tidak sampai ke luar ruangan.

3. Menyalakan lampu
Tidak boleh ada lampu yang menyala. Kecuali lampu yang di kamar Anda saja.

Persiapan:
1. Makanan
Semua toko akan tutup saat perayaan Nyepi, so sediakan bekal yang cukup untuk acara seharian itu.

2. Izin
Jika dalam keadaan sakit dan perlu ke dokter saat itu, laporkan segera ke petugas penginapan untuk menghubungi rumah sakit terdekat. Nanti akan ada ambulans yang menjemput. Kendaraan putih berlampu kedap-kedip itu memilik hak istimewa di Hari Raya Nyepi.

Sanksi:
Jika melanggar, bisa dikenakan sanksi adat. Menurut Sekretaris Umum Parisada Hindu Dharma Indonesia, Ir. Ketut Parwata, sanksi yang diberikan tidak bersifat nasional, sanksi yang didapat pelanggar tergantung dari Pararem Banjar [keputusan adat] setempat. Salah satu contoh sanksinya adalah seperti membersihkan tempat sembahyang atau pura.

Namun, para Pecalang atau petugas pengamanan suatu kegiatan yang berkaitan dengan adat, dalam menegakkan peraturan saat Nyepi ini, lebih bersifat persuasif, atau mengingatkan pelanggar untuk tidak melakukannya lagi. « [teks @bartno | foto berbagai sumber]

SHARE