Selamatkan Jakarta dari Kanker Payudara!

0
478
Para pendukung program Pink Ribbon. Turut hadir ibu Veronica Tjahja Purnama, nomor dua dari kanan.

Inilah aksi melawan pembunuh terbanyak wanita.

Kalut, sedih, takut dan putus asa pasti dirasakan siapa pun, saat pertama kali mendengar dirinya di diagnosa menderita penyakit kanker, termasuk kanker payudara. Dan, memang sampai saat ini kanker payudara menduduki posisi pertama di dunia sebagai penyakit mematikan.

Namun, apakah dengan hanya berdiam diri dan menatap korban terus berjatuhan, bisa membantu? Sudah saatnya setiap wanita, khususnya wanita Indonesia bebas ancaman kanker payudara.

Seperti yang sudah dilakukan Mal Ciputra Jakarta, lewat aksi Pink Ribbon Campaign di ulang tahunnya ke-21 tahun.

IMG_1113 edit

Berkerjasama dengan Yayasan Kanker Indonesia [YKI], Yayasan Kesehatan Payudara Jakarta [YKPJ], dan Cancer Information and Support Center [CISC], Mal Ciputra mengadakan Gala Charity Dinner demi mengumpulkan dana dari donatur. Serta dalam waktu delapan bulan kedepan akan menjalankan program edukasi bagi masyarakat, agar lebih mengenal, sadar dan peduli terhadap penyakit membahayakan ini.

“Sebagai ungkapan syukur kami di usia ke-21, Mal Ciputra Jakarta ingin lebih banyak berperan aktif membantu masyarakat, khususnya di bidang kesehatan, melalui program peduli kanker payudara,” jelas Ferry Irianto, General Manager Mal Ciputra Jakarta, saat jumpa pers di Hotel Ciputra, Jakarta Jumat [21/3] lalu.

“Melalui program Pink Ribbon Campaign “Happiness Is Me” yang akan berlangsung selama 8 bulan, kami akan memfasilitasi kegiatan-kegiatan sosial yang akan diadakan bersama tiga yayasan kanker selama kampanye berlangsung sampai 26 Oktober 2014,” tambahnya.

Kepedulian Mal Ciputra Jakarta terhadap kanker payudara yang kian merongrong wanita Indonesia ini pun, disambut baik oleh Ketua YKI cabang Jakarta, Veronica Tjahaja Purnama, yang tidak lain istri dari wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau biasa disapa Ahok.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Mal Ciputra, karena telah memberikan Pink Ribbon Campaign ini. Nantinya akan ada deteksi dini dan mamografi ke enam wilayah di Jakarta bagi yang kurang mampu,

“Dari awal kita berikan deteksi dini, karena kanker itu bukan hanya keturunan, tapi juga bisa datang dari gaya hidup juga. Waktu ketahuan sakit itu kayak neraka, saat divonis pasti pasien down. Dari hasil ini kita ingin mereka merasa bisa tetap hidup normal dan bisa melakukan aktifitas lainnya seperti orang yang tidak sakit,” papar Veronica.

Dalam jumpa pers Pink Ribbon, turut hadir Titiek Puspa dan Rima Melati, yang juga pernah menjadi penderita kanker payudara. Dengan pengalaman menderita kanker payudara, dua aktris senior ini pun turut berbagi cerita dan kiat sukses mereka bisa sembuh. Selain itu, Titiek Puspa dan Irma Melati juga berpartisipasi dalam acara Gala Charity Dinner, yang digelar di Dian Ballroom, Hotel Ciputra, Jumat [21/3] malam.

“Jangan sampai kanker ini tambah banyak, terutama kanker payudara. Payudara buat wanita dan juga laki-laki sangat penting sekali untuk memelihara. Sebelumnya harusn ada penyuluhan dari kecil, jangan dianggap itu sexy atau apa, tapi lebih ke arah pengobatan atau kebaikan,” ujar Rima Melati, yang juga merupakan aktivis YKPJ.

Adapun program yang difasilitasi Mal Ciputra, dengan menggandeng tiga Yayasan kanker selama delapan bulan ke depan di enam wilayah Jakarta, antara lain:

1. Pemeriksaan gratis kanker payudara melalui Momografi Keliling bagi masyarakat tidak mampu, bersama YKI dan YKPJ.
2. Membantu pengobatan penderita kanker payudara yang tidak mampu melalui rumah singgah bersama CISC.
3. Penyediaan sarana informasi secara update bagi pengunjung mal Jakarta, secara khusus dan masyarakat pada umumnya melalui iklan-iklan sosial, talkshow, event sosial, bazar, jumpa artis dan lainnya, yang akan dilakukan bersama YKI, YKPJ, CISC dan Rumah Sakit Pondok Indah Puri Indah.

Bertabur Bintang di Konser “Happy Is Me

IMG_1137 edit
Ello

Gala Charity Dinner yang diselenggarakan Mal Ciputra, dikonsepkan dalam bentuk konser amal. Sama seperti usia yang baru dimasuki mal Ciputra, konser bertajuk “Happy Is Me” ini juga menghadirkan 21 artis tanah air.

Seperti Cherrybelle, Angel Pieters, Ello, Donna Agnesia, Febby Febiola, Maria Idol, Tina Toon, Ivan Gunawan, Vina Panduwinata dan lainnya.

Tidak ada acara lelang barang-barang kesayangan artis, layaknya konser amal pada umumnya. Pesohor-pesohor tanah air ini hanya bernyanyi dan menghibur para tamu, yang notabene sudah menyumbankan dana bantuan bagi program Pink Ribbon.

Sebelum memulai aksi panggung mereka, setiap artis pasti memberikan kesan-kesan mereka dan alasan mereka mau ikutan dalam konser Happy Is Me ini. Seperti, Ello yang sempat mengenang sang ibu sebelum menyanyikan lagu Benci Tapi Rindu dan Pergi Untuk Kembali.

“Acara ini cukup mempengaruhi hidup saya dan mengingatkan saya pada mama yang pernah berjuang melawan kanker payudara. Dari ia saya belajar kalau kita harus tetap bertahan dan bersyukur. Lagu ini untuk dia,” ucap Ello yang hanya ditemani gitar akustiknya.

Hal serupa pun dilakukan Febby Febiola. “Sangat sedih kehilangan orang yang kita kasihi karena kanker. Dan, saya sendiri sudah kehilangan mama, karena kanker, meskipun bukan kanker payudara,” terang Febby.

Sedangkan, Donna Agnesia mengaku sangat mendukung program Pink Ribbon dan sangat senang dapat berpartisipasi. “Semoga acara Pink Ribbon sampai bulan Oktober nanti berjalan dengan sukses dan semakin banyak wanita tertolong dari kanker payudara,” tutupnya, yang kemudian menyanyikan lagu “Hingga Akhir Waktu”.

Sekadar informasi, dana bantuan yang dihimpun dari donatur sebelum pergelaran konser Pink Ribbon Happy Is Me, sudah terkumpul sebesar  500 juta rupiah. [Teks dan foto: DonT_D4]

IMG_1148 edit
Donna Agnesia
IMG_1154 edit
Febby Febiola

SHARE