Kontroversi Botox untuk Kecantikan

0
228

Ubah siluet wajah Anda dengan Botox.

08-botox

Sudah menjadi rahasia umum jika wanita berlomba-lomba untuk tetap tampil menarik meskipun usia sudah tak muda lagi. Berbagai jalan pintas banyak dilakukan, termasuk melakukan suntik Botox.

Sayangnya, tak selamanya mereka mendapatkan hasil yang memuaskan. Termasuk, banyak selebriti yang menyesal mempermak wajahnya.

Setelah membantah berulangkali, akhirnya, beberapa selebriti mengaku pernah menggunakan Botox. Nicole Kidman salah satunya. Menurutnya, ia tak menyukai hasil suntik Botox sehingga berhenti menggunakannya. “Saya merasa lebih baik sekarang. Saya dapat mengerutkan kening,” aku perempuan berusia 47 tahun ini yang sebelumnya mengeluhkan Botox membuat wajahnya kaku.

Hal senada juga diungkapkan bintang Iron Man, Gwyneth Paltrow. “Saya mungkin akan mencoba berbagai cara untuk tetap cantik ketika usia 50 tahun, termasuk untuk melakukan operasi plastik walaupun sebenarnya saya takut. Yang penting bukan Botox lagi karena mukaku jadi tampak aneh, seperti Joan Rivers,” ungkap Gwyneth Paltrow.

Bintang serial Friends, Jennifer Aniston ternyata juga kapok menggunakan Botox. “Saya pernah sekali mencoba Botox dan ternyata nggak cocok. Aku merasa wajahku berat banget and malah membuat wajah semakin menua.”

Lantas, amankah menggunakan Botox? Mengapa banyak selebriti mengaku kapok menggunakannya?

Botox [botilinium toxin] adalah protein yang dipurifikasi dari bakteri clostridium botulinum, yang diklaim dapat mengatasi keriput. Botox dinilai cukup aman digunakan asalkan berkonsultasi terlebih dahulu dengan yang berkompeten.

“Botox bekerja dengan cara merileksasikan otot-otot wajah pada titik saraf tertentu. Tidak sakit dan hanya makan waktu 5-10 menit saja,” ungkap dr. Steven Liew, ahli bedah plastik asal Australia, kepada Ghiboo dalam sebuah kesempatan, beberapa waktu lalu.

Dr. Liew menjelaskan mengapa Botox tidak bekerja dengan baik pada sebagian orang. Ternyata, ada beberapa kondisi yang tidak memperbolehkan seseorang memakai botox.

“Orang yang mengalami infeksi kulit, sedang dalam penggunaan pengobatan seperti pengencer darah, ibu hamil atau menyusui, serta alergi dengan alat suntik sebaiknya menghindari Botox,” tambah dokter yang juga pendiri dan Direktur Medikal Shape Clinic, Australia.

Uniknya, Botox bisa digunakan oleh siapa pun, termasuk pria. Bahkan dinilai aman digunakan untuk anak muda sebagai bentuk preventif memperlambat penuaan. “Kebanyakan pria memakai Botox agar terlihat awet muda. Penampilan seperti ini dinilai dapat meningkatkan performa kerja.”

Saat disinggung mengenai lama ketahanan penggunaan Botox, dr. Liew menjawab sekitar empat bulan tergantung kondisi pasien. “Orang yang merokok tentu mempercepat munculnya keriput lagi.” [teks @innesspw | foto berbagai sumber]

SHARE