Berkeliling Eropa dengan Penny Farthing

0
370

Berani naik sepeda sirkus seperti ini? 

IMG_0872joff-2

Masih ingat sepeda zaman dulu yang disebut penny-farthing, high wheel, atau high wheeler? Andai Anda lupa atau memang berasal dari generasi milenium, izinkan kami menyegarkan memori Anda. Penny-farthing adalah sebuah sepeda dengan roda depan berdiameter hingga 1,5 meter, sementara roda belakangnya seperlima lebih kecil dari yang depan.

Nama Penny-farthing berasal dari ukuran koin Penny yang lebih besar dan Farthing yang lebih kecil. Andai dua koin itu disatukan bentuknya seperti sepeda ini.

Rencananya, sepeda tak biasa ini akan digowes Joff Summerfield keliling Eropa mulai minggu kedua April 2014.

Joff [46] asal London, Inggris, akan memulai perjalanannya minggu ini dari Belgia. Ia akan melewati jalur balap  sepeda berusia 101 tahun, Tour of Flanders.

Lalu Joff akan mengikuti jalur balap sepeda Paris-Roubaix di Prancis yang tahun ini masuk ke edisi 112. Ketiga, giliran rute edisi ke-100 dari Liege-Bastogne-Liege di Belgia yang bakal dilalui. Pada bulan depannya, ia akan mulai lagi di Giro d’Italia atau dikenal juga dengan Tour of Italy. Tahun ini Giro d’Italia memasuki edisi ke-97.

Joff akan mengakhiri perjalanan sepedanya yang populer di era Victoria ini dengan melibas jalur Velothon Berlin, Jerman. Rata-rata pada setiap jalur ekspedisinya, Joff menempuh jarak 96,54 kilometer.

Bersepeda bagi Joff adalah sesuatu yang amat disukai. Joff membuat sendiri sepeda Penny-farthing-nya, dengan hanya melihat modelnya dari sebuah museum.

Bagi John, ini bukanlah hal ‘gila’ yang pertama kali dilakukannya. Sebelumnya, pada tahun 2008, ia melakukan perjalanan keliling dunia sendiri sejauh 23.518 kilometer, melewati 23 negara.

Jalurnya berkeliling Eropa kali ini akan melewati banyak jalanan yang curam dan berbatu. Hey Joff, drive safely, will ya? « [teks @bartno | foto berbagai sumber]

SHARE