Nidji, Band Spesialis Soundtrack

0
258
Band Nidji

Nidji telah membuat 12 lagu soundtrack.
NidjiAda hal yang membuat film dan musik menjadi bagian tidak terpisahkan, yaitu soundtrack.

Saat menyaksikan sebuah film, kita akan teringat dengan lagu pendukungnya serta penyanyinya. Sebaliknya, bila kita mendengarkan sebuah lagu soundtrack, pastinya kita juga diingatkan dengan sang film.

Nah, bicara soal soundtrack, G-Viewers pasti peka dengan band yang selalu menorehkan karya-karya musik mereka untuk perfilman Indonesia, Nidji.

Masih ingat film Laskar Pelangi? Film berkisah tentang persahabatan karya Mira Lesmana dan Riri Riza ini, merupakan langkah awal bagi band yang digawangi Giring [vokal], Rama [gitar], Ariel [gitar], Andro [bass], Adri [drum], dan Randy [keyboard] menggarap soundtrack film.

Lagu “Laskar Pelangi” yang dirasa melebur dengan film, membuat nama Nidji kian melambung dan terus menelurkan soundtrack lainnya. Hingga sekarang, portfolio soundtrack mereka meliputi Sang Pencerah, 5CM, The Heroes, dan Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck.

Baru-baru ini, portfolio mereka pun bertambah dengan keluarnya lagu “Secepat Kilat” yang merupakan soundtrack film Street Society [2014].

“Pembuatannya secepat kilat seperti lagunya, karena filmnya harus tayang,” ujar Ariel menjelaskan kepada Ghiboo. “Penggarapan hanya memakan waktu empat hari, sudah termasuk produksi dua hari dari take, mixing sampai mastering.” 

Meski bukan project soundtrack pertama, bukan berarti Nidji tidak mengalami kendala. “Kesulitannya cuma waktu saja sih, sampai kurang tidur. Tapi, Nidji itu kalau bikin lagu nggak sampai ganggu jadwal mangung kok,” kata Ariel, gitaris yang juga suami dari penyanyi Dea Ananda.

“Kita bersyukur dengan kemajuan teknologi, jadi semua bisa dikerjakan di mana aja. Mixing di jalan, email ke klien juga di jalan,” Ariel menambahkan. [Also read: Kenikmatan Membawa Berkah]

Album soundtrack
Bila diakumulasikan sejak tahun 2008 [Laskar Pelangi], sampai saat ini, lebih dari 10 lagu soundtrack sudah tercipta oleh Nidji. Bahkan, semua soundtrack milik Nidji menjadi hits.

Menilik kesuksesan soundtrack yang mereka ciptakan, akhirnya band yang berarti pelangi dalam bahasa Jepang ini, memutuskan menyatukan semua soundtrack dalam satu album bertajuk “King of Soundtrack”.

Album yang telah dirilis secara pre-order sejak 5 Maret kemarin ini, berisikan 12 lagu soundtrack film yang diciptakan Nidji sebelum tahun 2013.

“Kami melihat dari tahun 2007, sampai sekarang fans agak sulit mencari fisik lagu soundtrack kami yang lama. Jadi, kami kumpulin saja jadi satu. Ada 5 CM, Kapal Van Der Wjik, Laskar Pelangi, The Heroes,” kata Giring.

“Tidak ada aransemen baru, semua sama seperti aslinya dari lagu-lagu 2013 ke bawah. Jadi soundtrack yang baru atau yang dirilis di tahun 2014, nggak masuk. Ini masih volume 1. Kemungkinan ada volume 2 untuk lagu-lagu tahun 2014 ke atas,” papar Giring menambahkan.

Dengan dirilisnya album kumpulan soundtrack ini, tidak masalah bagi Giring Cs bila mereka disebut sebagai band spesialis soundtrack atau disebut King of Soundtrack.

Bahkan, mereka semakin percaya diri dengan membocorkan, kalau di tahun ini mereka sudah mendapat project soundtrack untuk empat film, salah satunya film produksi negara Brunei Darussalam.

Sukses menjadi band spesialis soundtrack, Nidji pun membagikan tips rahasia kesuksesan. “Dari setiap soundtrack yang kita buat, memang wajib kita nonton duluan, tujuannya bagaimana kami bisa menginterprestasikan,” tutur Giring.

“Itulah kenapa kami sukses terus membuat soundtrack, karena para sutradara dan produser merasa kami seperti bunglon, selalu membuat sesuai apa yang mereka mau, dengan cara kita sendiri, tanpa diatur-atur dengan maunya pembuat film.” [teks @Dont_D4 | foto @Gregbimz] 

SHARE