Rio 2: Burung Moderen Belajar Hidup di Hutan

0
1813

Film Rio 2 mulai tayang di bioskop Indonesia.

Film Rio 2 - 2Blu si burung spix’s yang selalu nggak pede alias percaya diri balik lagi meramaikan layar lebar, lewat cerita terbarunya.

Bila di film pertamanya, Rio fokus menceritakan asal mula Blu dan segala masalah yang dihadapinya, kini di film sekuelnya 100 persen menceritakan kelanjutan kisah Blu, yang sudah berstatus sebagai suami dan ayah.

Tidak tanggung-tanggung, di film keduanya ini penonton dibuat syok beberapa menit setelah film diputar, ternyata Blu sudah memiliki tiga anak!

Nah, status baru Blu inilah yang menjadi fokus cerita di Rio 2. Di mana Blu yang polos nan baik hati amat mencintai dan berusaha membuat bahagia sang istri, Jewel, beserta tiga anaknya: Carla, Bia dan Tiago.

Demi membahagiakan keluarga kecilnya, Blu bahkan sampai rela hijrah dari Rio-Brazil ke wilayah hutan Amazon, meninggalkan gaya hidup layaknya manusia menjadi hidup di ranah hutan belantara.

Film Rio 2 - 5Sekadar mengingatkan, Blu memang seekor burung langka, dan memang seharusnya hidup selayaknya binatang. Namun, di film Rio edisi pertama, diceritakan bagaimana Blu waktu kecil ditemukan Linda [seorang pecinta hewan], dan dirawat selama 15 tahun.

Sehingga, kebiasaan Blu bukanlah seperti binatang, melainkan manusia. Seperti menonton televisi, mendengarkan musik lewat iPod, sarapan roti, minum susu, menggunakan GPS saat terbang dan terbiasa dengan alat-alat perkakas manusia.

Namun, saat sang istri meminta Blu membawanya serta anak-anak mereka pindah ke hutan Amazon yang dikenal menyeramkan, untuk menemui habitat burung spix’s lainnya. Seketika jiwa Blu terguncang.

Bukan hanya harus beradpatasi hidup ala hutan, namun Blu juga merasa tertekan dengan burung-burung spix’s lainnya yang ditemui di hutan Amazon.

Film Rio 2 -1Sikap Blu yang seperti manusia, dan terlalu berhati-hati membuat dirinya dibenci oleh ayah Jewel dan dipandang sebelah mata oleh burung-burung spix’s yang sudah lama tinggal di hutan Amazon.

Blu diremehkan, bukanlah satu-satunya konflik di film ini lho. Cinta lingkungan dan melestarikan hutan juga menjadi pelajaran penting di film produksi Blue Sky Studio ini.

Pasalnya, turut ditampilkan juga bagaimana keserakahan manusia yang tega menggunduli hutan demi memupuk kekayaan pribadi.

Sekelumit masalah yang dihadapi Blu, dan ancaman gundulnya hutan menjadi hal menarik dan alasan mengapa Anda harus menyaksikan film animasi yang dirilis pada 11 April 2014.

Film Rio 2 - 3Hadirnya Bruno Mars

Jika dibuat beberapa perbandingan antara film Rio dan Rio 2 memang tidak terlalu banyak perbedaan signifikan. Misalkan, dari segi kualitas visual, antara film pertama dan sekuel masih memiliki kualitas animasi yang sama baiknya.

Kemudian soal musikalitas, antara film Rio dan Rio 2 juga mempunyai bobot yang sama. Di mana masing-masing menghadirkan 14 lagu soundtrack.

Bedanya, di film sekuelnya ini turut dimeriahkan dengan kehadiran Bruno Mars. Selain mengisi suara karakter Roberto, penyanyi yang baru saja menggelar konser di Jakarta, Maret silam ini juga turut menyumbangkan suaranya. Ia melantunkan lagu berjudul “Welcome Back”

Menyinggung soal pengisi suara, bila dibandingkan antara film pertama dan keduanya, tidak banyak perubahan. Nama-nama besar seperti Jesse Eisenberg, Anne Hathaway, Leslie Mann, Jemaine Clement, Will. i. am, Jamie Foxx, masih setia menjadi dubber tokoh-tokoh di film ini.

Sekadar informasi film Rio 2 rencananya akan alih bahasa dalam versi bahasa Korea. Salah satu personel girlband SNSD, Sunny dan Siwan [boyband ZEA], telah dipilih untuk mengisi suara tokoh utama Rio 2, Blu dan Jewel. [teks @Dont_D4 | foto ist]

SHARE