Nirvana Raih Rock Hall 2014

0
201

Eks Nirvana reuni kembali.

NirvanaSudah dua dekade berlalu semenjak kematian Kurt Cobain. Ia mengakhiri hidupnya dengan meledakkan kepalanya menggunakan hand gun pada tanggal 5 April 1994. Semenjak itu ia selalu dikenang atas karyanya yang luar biasa. Bahkan beberapa fans fanatiknya ikut mengakhiri hidup persis dengan yang ia lakukan.

Bersama Dave Grohl dan Krist Novoselic, Cobain membawa Nirvana dari kota kecil Seattle hingga ke pentas dunia. Ketiganya kembali menghidupkan musik punk di era 60-an yang mengandalkan distorsi kasar dan scream. Yang kini lebih dikenal dengan nama Grunge oleh banyak orang.

Akibat kematian Cobain yang mendadak, Nirvana terpaksa bubar. Dave Grohl membentuk Foo Fighters. Sementara Krist Novoselic lebih tertarik terjun ke dunia politik.

Karier ketiganya terbilang pendek, hanya sebatas tujuh tahun. Selama itu Cobain, Krist, dan Grohl membuahkan tiga album. Bleach, Nevermind, dan In Utero. Meski begitu, ketiga album tersebut telah melegenda hingga saat ini atau bahkan selamanya.

Lima hari setelah tanggal kematian Cobain. Rock and Roll Hall of Fame telah menobatkan Rock Hall untuk Nirvana pada 10 April 2014. Penganugerahan ini seperti sebuah kado bagi mendiang Cobain. Hanya nama-nama besar yang telah memberi kontribusi bagi musik yang mendapatkannya.

Haru biru menyelimuti Barclays Center ketika Michael Stipe [R.E.M] menganugerahi hal itu kepada mereka. Eks personel Nirvana, Dave Grohl, Krist Novoselic, Pat Smear, dan Chad Channing hadir malam itu. Ibunda Kurt pun juga ada bersama mantan menantunya, Courtney Love.

Novoselic merasa beruntung bisa mengenal mendiang Cobain. Ia mengaku berkat ide gila teman dekatnya itu membentuk sebuah band, ia bisa berdiri di panggung Rock and Roll Hall of Fame. “Hingga sekarang, para fans selalu berterima kasih kepada kami karena telah memberikan musik yang bagus. Saya hanya berharap Cobain ada di sini sekarang,” ujarnya.

Serupa dengan Novoselic, Courtney Love pun mengatakan hal yang sama, “I just wish Kurt could have been here.” Setelah itu, wanita ini segera memeluk ibunda Cobain, Krist, dan Dave.

Seperti diketahui Courtney Love selama ini berselisih dengan Dave akibat pembagian benefit yang didapat Nirvana.

Sedangkan Dave Grohl, sambil bercanda ia berterima kasih kepada ibunya yang telah merelakannya putus sekolah dan main band.

Seusai penganugerahan, sekali lagi Dave Grohl, Krist Novoselic, dan Pat Smear naik ke atas panggung menggunakan nama Nirvana. Tempat Cobain sebagai penggedor digantikan oleh empat vokalis wanita.

Joan Jett menyanyikan “Smells Like Teen Spirit”, lalu Kim Gordon [Sonic Youth] melantunkan “Aneurysm”. Tak ketinggalan Annie Clark [St Vincent] “Lithium” dan ditutup dengan lagu “All Apologies” yang dinyanyikan oleh pendatang baru, Lorde. « [teks @HaabibOnta | foto spin.com]

SHARE