Supaya Hasil Foto Liburan Bagus

0
193

Saran fotografer Aris Sanjaya untuk foto liburan.

Ilustrasi menjepret saat liburan

Ketika memutuskan berlibur, satu benda yang sekarang wajib dibawa adalah kamera. Kurang seru kan’ pergi bersenang-senang ke suatu tempat tidak ada kenang-kenangan berupa foto.

Bagi traveler, mendokumentasi kegiatan liburan menjadi bagian yang tak boleh terlewatkan. Foto itu akan menjadi cerita seru saat kembali berkumpul dengan teman-teman.

Nah, supaya hasil foto liburan Anda bagus, coba ikuti saran Aris Sanjaya, seorang travel photographer. 

Waktu terbaik memotret:
Aris menjelaskan, jika ingin memotret di waktu sunrise, sebaiknya memulai antara jam 5 pagi hingga 10 pagi. Sedangkan untuk sunset, waktunya antara jam 3 sore hingga matahari terbenam.

Kamera:
Dengan kamera handphone pun bisa bagus. Tapi dengan kamera besar, hasil print-nya juga besar.

Cara motret:
Potret apa saja yang ada di sekitar kita. Namun perhatikan komposisinya dan angle-nya. Supaya foto lebih spesial, misalkan angle bisa dari atas, bawah, atau menggunakan teknik framing, foreground atau sudut-sudut.

Aris Sanjaya
Aris Sanjaya

Bila memotret tanpa tripod dan pakai auto dengan speed rendah, berikut cara untuk mengurangi blur pada hasil jepretan:
1. Merapatkan lengan ke badan dan pegang kamera dengan dua tangan.
2. Jika ada tempat menyandar seperti tembok, bersandarlah.
3. Biar lebih mengokohkan, gunakan posisi jongkok dan taruh kedua siku tangan di atas paha, serta tetap rapatkan tangan ke badan.
4. Untuk meminimalisirnya lagi, gunakan mode foto continous, karena pada jepretan keempat dan seterusnya, goyangannya mulai berkurang.

Aris menambahkan, “motretlah sebanyak mungkin, dengan pengalaman dapat melatih foto yang bagus. Jangan malu untuk meniru hasil-hasil foto para profesional. Nanti juga akan menemukan kepribadiannya sendiri.”

Semangat, dan happy jepret sob! [teks @bartno | foto ist dan Facebook Aris Sanjaya]

SHARE