21 Srikandi Jelajah Sulawesi

0
130

Srikandi Gowes sambut Hari Kartini.

B2W Jelajah Sulsel 4-2

Menyambut Hari Kartini 21 April, komunitas B2W [Bike to Work] Indonesia kembali mengadakan “Inspirasi Bagi Negeri 2014 Jilid 4”, dengan tajuk “Srikandi Inspirasi Bagi Negeri”.

Gelaran ini sebuah kegiatan inspiratif untuk menggalakkan ketertarikan masyarakat menggunakan sepeda sebagai transportasi alternatif yang ramah lingkungan sekaligus meneladani jasa kepahlawanan RA Kartini dan pahlawan wanita Indonesia lainnya.

Kegiatannya adalah menyiapkan 21 Srikandi terpilih untuk bersepeda sejauh 843 kilometer dari kota Mamuju, Sulawesi Barat menuju Kota Makassar, Sulawesi Selatan, mulai 21-30 April 2014.

Sebanyak 21 Srikandi itu terdiri dari beragam profesi seperti ibu rumahtangga, karyawati, mahasiswi, dan lainnya dari berbagai wilayah di Indonesia yang memiliki passion bersepeda.

Guna mencapai hasil yang diinginkan, para Srikandi itu dilatih mantan atlet sepeda Indonesia, Nurhayati, yang kini juga menjabat sebagai pelatih atlet sepeda nasional.

Linda Gumelar, Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, memberikan apresiasi yang tinggi terhadap event ini. “Kami hargai keseriusan komunitas B2W Indonesia untuk memberikan ruang kepada para wanita untuk berperan aktif. Tentunya hal ini sekaligus membuktikan bahwa para wanita sanggup mengemban tugas dan tanggungjawab dalam kegiatan touring bersepeda yang telah menjadi agenda nasional ini. Kepercayaan ini bisa jadi akan menginspirasi pihak-pihak lainnya untuk juga memberi kesempatan kepada anak wanita untuk berkarya,” ujar Linda.

Perjalanan selama sembilan hari itu akan dilakukan dalam delapan etape. Etape 1 Mamuju-Majene [142km], etape 2 Majene-Pinrang [116km], etape 3 Pinrang-Anggeraja [65km], etape 4 Anngeraja-Rantepao/Toraja [110km], etape 5 Rantepao/Toraja-Belopa [112km], etape 6 Belopa-Pare-Pare [165km], etape 7 Pare-Pare-Pangkajene [103km], dan etape 8 Pangkajene-Makassar [50km]. « [teks @bartno | foto courtesy of B2W]

SHARE