Ubur-Ubur Tak Menyengat di Derawan

0
127

Di Pulau Kakaban, ada empat jenis ubur-ubur.

Ubur-ubur
Ubur-ubur

Binatang laut yang satu ini, terlihat lucu dan menggemaskan. Bentuknya seperti payung berumbai yang melenggok ke sana-ke mari.

Tapi hati-hati, sebagian besar ubur-ubur yang ada di dunia –sekitar 1.800 jenis– memiliki sengat yang membahayakan manusia.

Bahkan, ubur-ubur jenis Irukandji dicap sebagai paling mematikan [banyak terdapat di pantai Australia]. Dampaknya bisa menyebabkan kematian.

Tapi, ada dua tempat di dunia ini yang memiliki ubur-ubur tak menyengat. Pertama di Palau, Samudera Pasifik. Dan satu lagi di negeri kita, di Kepulauan Derawan, Pulau Kakaban, Kalimantan Timur.

Sudut Pulau Kakaban
Sudut Pulau Kakaban

Di Pulau Kakaban, ada empat jenis ubur-ubur: ubur-ubur bulan, totol, kotak, dan terbalik. Jumlahnya, mencapai ribuan dan tidak menyengat.

Untuk merasakan keindahannya, dari Balikpapan, lanjutkan penerbangan ke Tanjung Redep di Berau. Kemudian sewa kapal menuju ke Kepulauan Derawan, yang terdiri dari 31 pulau dengan di antaranya Pulau Kakaban.

Tidak hanya dapat menemui ubur-ubur tak meyengat dan biota laut lainnya, di sana, pantai dan pasirnya, amat cantik dan lembut.

Tertarik ke Derawan? Kisaran biayanya dari Tanjung Redep sekitar 1,3 juta hingga 3,4 juta rupiah, tergantung jumlah peserta dan lama wisata. Selamat bermain-main dengan ubur-ubur yaa.. « [teks @bartno | foto Indonesia.Travel]

SHARE