Mereka Menabrak dan Tenggelam

0
719

Kapal-kapal ini bernasib naas.

infografik kecelakaan kapal pesiar 2Banyak transportasi laut yang didesain mengikuti perkembangan jaman. Pembangunan kapal laut pun kini telah disesuaikan dengan hambatan-hambatan yang mungkin ditemui selama di pelayarannya. Namun, tak ada yang pernah tahu, rintangan dan masalah apa yang akan terjadi di tengah laut.

Secanggih apapun teknologinya, namun tetap saja terjadi kecelakaan di tengah laut. Kapal-kapal tersebut kebanyakan menabrak sesuatu di tengah laut. Ada yang langsung tenggelam, ada yang menabrak dan kandas, ada juga yang meledak terlebih dahulu baru kemudian tenggelam. Ghiboo mencatat sejumlah kasus kecelakaan transportasi laut yang dikenang sepanjang masa. Apa saja kapal-kapal tersebut, berikut data-datanya:

7. Tek Sing

Tenggelam 6 Febuari 1822
Penyebab menghantam karang dekat perairan Selat Gaspar, Indonesia
Korban 1.600 tewas

Kapal Tek Sing berlayar dari Xaimen menuju Jakarta, yang kala itu masih bernama Batavia. Kapal ini mengangkut 2.000 imigran Tionghoa juga membawa sejumlah barang berat seperti kargo keramik. Namun di perjalanannya, saat melintas di Selat Gaspar, di antara Bangka dan Belitung kapal ini menabrak batu karang.

Kapal ini kemudian tenggelam di kedalaman 100 kaki. Dari keseluruhan penumpang hanya 180 orang yang dinyatakan selamat.

1
2
3
4
5
6
7
SHARE