Starbucks Dapat Ambassador Baru

0
264

Fandi Ahmad terpilih sebagai Ambassador Starbucks.

3Memasuki tahun 2014, Starbucks Indonesia mencari kembali Coffee Master berbakat untuk diangkat menjadi Ambassador mereka. Agar bisa menjadi Ambassador, para Coffee Master itu harus melewati kompetisi “Starbucks Coffee Ambassador Cup”. Bukan hal mudah rupanya agar bisa menjadi “Duta Besar” bagi Starbucks.

Ini adalah tahun kesembilan digelarnya kompetisi. Tiap tahun kompetisi menjadi semakin panas. Dari 170 gerai Starbucks yang tersebar di seluruh Indonesia, berhasil dihimpun menjadi 217 Coffee Master, sebelum masuk ke babak Grand Final.

Ratusan peserta itu harus melewati lima rangkaian uji coba. Lima tahapan kelas mempelajari ilmu kopi, tes peralatan dan teknik menyeduh, kemampuan berkomunikasi, tes tertulis, dan pendidikan lapangan selama enam bulan.

Direktur Starbucks Indonesia Anthony Cottan mengatakan, “Melalui program ini, kami ingin menjadikan para partner tidak sekadar good looking, tetapi mereka juga harus memiliki pengetahuan tentang kopi yang dimiliki oleh Starbucks. Mulai dari sejarahnya, prosesnya, taste-nya, dan sebagainya.”

1Ia berharap Starbucks Coffee Ambassador dapat terus menyebarkan budaya kopi, berbagi pengetahuan, serta membawakan Starbucks Experience yang unik secara konsisten kepada pelanggan Indonesia.

Dari ratusan orang itu disaring menjadi 15 orang. 10 orang pria dan 5 orang wanita. Hanya seorang Starbucks Coffee Master yang memiliki passion tinggi tentang kopi mampu menjadi Ambassador.

Mereka akan mengemban tugas memperkenalkan dan membagi pengetahuannya mengenai kopi dan budaya Starbucks kepada karyawan [partner] dan pelanggan.

Di babak grand final, kelima belas Coffee Master itu menjalani lagi beberapa tahapan tes yang disaksikan oleh ratusan partner. Tiap tes itu mengeliminasi peserta dengan nilai rendah. Hanya ada enam orang yang mampu melewati tes tertulis. Dan mereka menghadapi tes kreativitas membuat kopi.

Dari rangkaian tes itu, terpilihlah satu pemenang. Dia adalah Fandi Ahmad, barista dari Bintaro Plaza. Dengan terpilihnya ambassador baru, Anthony Cottan percaya motivasi para partner-nya akan terus bertambah, karena ingin menjadi terbaik dari yang terbaik.

Seorang Ambassador Starbucks memiliki ciri khas tersendiri. Ia pasti menggunakan celemek coklat, lain dari pada yang lain. Jadi jika mampir ke gerai dan bertemu ambassador, silakan bertanya apa saja tentang kopi Starbucks.« [teks @HaabibOnta | foto @gregbimz]

4

SHARE