Melancong Aman dengan Kartu Kredit

0
120

Liburan menyenangkan? Siapa takut..

Kartu KreditTraveling ke luar negeri sudah menjadi gaya hidup sebagian besar masyarakat Indonesia. Nah, jika Anda berencana untuk bepergian, baik untuk urusan pekerjaan atau bersama orang-orang tersayang, tentu saja Anda membutuhkan ‘uang saku’ yang cukup banyak untuk berbelanja atau keperluan selama bepergian.

Sayangnya, uang tunai terkadang menyusahkan karena Anda harus menyiapkan mata uang yang diterima di negara tujuan. Belum lagi membawa uang tunai itu kurang aman.

Prita Ghozie justru menyarankan Anda menggunakan kartu kredit untuk masalah ini. Kartu kredit bisa menjadi pilihan yang lebih praktis dan aman sebagai teman bepergian.

Walaupun ada kekuatiran mengenai penggunaan kartu kredit, Financial Planner Prita Ghozie menyarankan beberapa tip agar Anda nyaman menggunakan kartu kredit ketika bepergian.

1. Sudah memiliki uang di tabungan untuk membayar tagihan saat masa jatuh tempo.

2. Menggunakan satu atau maksimal dua kartu kredit dari bank penerbit yang sama.

3. Bebas memilih menggunakan kartu kredit dari bank milik pemerintah atau swasta karena hal tersebut tidak menjadi masalah karena yang berpengaruh itu adalah sistem pembayarannya, yaitu visa/master.

4. Bawa kartu kredit dari bank penerbit yang memberikan bunga paling rendah, sehingga jika Anda kebablasan dalam bertransaksi, Anda tak terlalu berat untuk membayarnya. Apalagi saat ini, Bank Indonesia sudah mengatur bunga kartu kredit, yaitu maksimal 2,95 persen dan mengatur tata krama penagihan tagihan saat jatuh tempo yang dilakukan debt collector. Jadi, liburan dengan kartu kredit sudah pasti aman dan nyaman. « [teks @innesspw | foto thestar.com]

SHARE