Alexa Hi-Tech di Album Baru

0
190

Alexa bagikan single terbaru gratis

Grup musik AlexaJarang tampil di layar televisi, terutama di program acara musik yang banyak diramaikan penonton yang menari-nari dengan gerakan tariannya sudah diatur kru teve, bukan berarti band Alexa berhenti berkarya di industri musik.

Tak dipungkiri, sejak ditinggal dua personelnya [Rizky dan JMono], Alexa yang kini digawangi Aqi [vokal], Fajar [drum], dan Satrio [gitar] mulai menampilkan imej yang berbeda. Dari jenis musik yang dimainkan, sampai cara mempromosikan karya mereka, dilakukan Alexa dengan cara yang beda.

Seperti yang mereka lakukan di akhir tahun 2012-2013 lalu, tepatnya sepeninggalan sang bassist, Alexa menggebrak dengan single-single baru, bertajuk “Bebas”, “Milikmu”, dan “Bersamamu”.

Uniknya, single-single ini tidak hanya ditampilkan dengan nuansa musik yang lebih semangat, tapi juga diberikan secara gratis bagi para penikmat musik mereka.

Tiga single yang dikeluarkan secara berkala ini pun menandakan mereka tidaklah ‘mandul’ mengeluarkan album. Sebaliknya, malah memberi kebebasan bagi fans untuk memiliki musik mereka.

“Kami ngeluarin single-single dan memang tidak cetak dalam bentuk CD atau album. Karena semua orang bebas download, sejak tahun 2013 sampai akhir Desember kemarin, kami kasih download secara gratis melalui website Alexa,” jelas Fajar kepada Ghiboo belum lama ini.

Diberikan gratis kepada pendengar setianya, bukan berarti Alexa sudah tak mementingkan kebutuhan materi lagi. Bagi Aqi Cs, konsep promosi ini mereka lakukan demi mengapresiasikan musik mereka, dan secara jelas mementahkan kejahatan pembajakan.

Personel AlexaGarap soundtrack film olahraga
Usai memperkenalkan Alexa formasi baru lewat single-single barunya, di tahun 2014, band yang secara resmi sudah merilis tiga album ini, kembali dengan single terbaru, yaitu sebuah soundtrack bertajuk “Marilah Berlari”.

Soundtrack untuk film bertema olahraga bertitel Mari Lari ini, memang bukan lagu baru, melainkan hasil daur ulang dari lagu “Marilah Kemari”, karya Titiek Puspa, hanyapada bagian lirik “Marilah kemari..” diganti menjadi “Marilah berlari..“.

Diakui Alexa, dengan adanya project pembuatan soundtrack ini, rencana mereka untuk menggarap album mengalami pemunduran dari jadwal yang sudah ditentukan.

“Tahun ini kami memang rencana bikin album, tapi ternyata kami ditawari bikin soundtrack, jadi agak sedikit menggangu timeline. Tapi jadi berkah juga buat kami. Kami me-remake lagu ‘Marilah Kemari’ ciptaan Titiek Puspa menjadi ‘Marilah Berlari’, untuk film Mari Lari yang akan dirilis 12 Juni,” tambah Fajar lagi.

Ditambahkan, bila soundtrack ini dibuat dalam dua versi. Yaitu, versi original soundtrack untuk film dan versi yang dibuat khusus untuk lari, yang menyajikan musik dengan irama lebih upbeat.

Datangnya kesempatan bagi Alexa dipercaya menggarap soundtrack film bertema olahraga ini, memang tidak mengherankan. Pasalnya, sang penggebuk drum juga dikenal sebagai musikus yang memiliki hobi lari dan selalu aktif berpartisipasi dalam kegiatan olahraga lari.

Personel AlexaSiap kenalkan teknologi rekaman tercanggih
Meski mengalami kemunduran, namun Alexa memastikan album terbaru mereka akan segera dirilis tahun ini, tepatnya setelah lebaran nanti.

Dipastikan, album keempat Alexa nanti akan sangat jauh berbeda, khususnya dalam proses rekaman. Bahkan, band yang melejit lewat lagu “Jangan Kau Lepas” ini memastikan mereka akan jadi band pertama yang menggunakan alat rekaman berteknologi tinggi.

“Rekaman kami setelah lebaran nanti akan beda dari rekaman-rekaman yang sebelumnya. Secara konsep dan cara juga mungkin akan beda dengan anak band lainnya. Kami lagi nyiapin konsep proses rekaman yang baru. Bagimana kami menggambarkan album ini utuh, nggak berdiri satu-satu lagu sendiri. Yang kami lagi pikirin bagimana album ini menjadi satu kesatuan yang utuh, kayak buku cerita, orang nge-dengerin harus full satu album,” ujar Aqi dengan antusias.

Demi mengeluarkan album baru menggunakan teknologi rekaman canggih ini, Alexa mengaku membutuhkan waktu yang tidak singkat. Riset, dan mempelajari alat dengan sangat mendalam telah lama dilakukan tiga personel ini, demi menghasilkan karya yang sempurna.

Itu juga yang membuat Aqi cs masih enggan membocorkan perihal teknologi terbaru yang mereka gunakan. “Kami eksperimen dengan sound, tapi kali ini lebih ekstrim. Kami sudah memperdengarkan demonya ke orang-orang dalam dan luar negeri, dan mereka tercengang tidak percaya. Ini sebatas teknologi rekaman yang bisa menarik kalau kami kenalkan ke orang-orang. Kalau ini berhasil, mudah-mudahan bisa jadi inovasi baru di Indonesia yang belum pernah ada bikin album seperti itu,” papar Aqi lagi.

Dengan kata lain, bila album terbaru Alexa nanti sukses menghadirkan sesuatu yang baru, dan belum pernah dilakukan, artinya Alexa menjadi band pelopornya. Hmm,  jadi nggak sabar dengerin album terbaru mereka. « [teks @DonT_D4 | foto @gregbimz]

SHARE