Hindari Meningitis Saat di Luar Negeri

0
146

Kenali cara penularan meningitis dan solusi pencegahan

garuda

Meningitis adalah radang selaput otak yang disebabkan infeksi Bakteri Meningokokus yang menyerang selaput otak dan sumsum tulang belakang. Infeksi tersebut bisa terjadi karena adanya peradangan yang disebabkan karena virus maupun bakteri pada selaput tersebut.

Penyakit ini dapat menyebabkan kelumpuhan dan bila tidak segera ditangani. Dalam 24 jam setelah terinfeksi meningitis, penderita dapat mengalami kematian.

Penularan meningitis bisa terjadi melalui kontak langsung dengan penderita atau terpaparnya cairan tubuh penderita meningitis, melalui ludah, dahak, ingus, cairan bersin, dan cairan tenggorokan penderita. Bakteri-bakteri ini dapat juga disebarkan melalui pertukaran udara dari pernafasan.

Penyakit ini banyak ditemukan di Australia, Amerika Serikat, dan Arab Saudi. Karena itulah setiap jamaah Umrah dan Haji, diwajibkan untuk memperoleh vaksinasi meningitis.

Selain tiga negara maju itu, meningitis juga endemis di Gambia, Ethiopia, Guinea-Bissau, dan Kenya.

Gejala yang dialami seseorang yang terkena meningitis adalah demam, sakit kepala, ruam, kejang-kejang, leher kaku, sakit tenggorokan, penurunan kesadaran, dan sensitif terhadap cahaya.

Berhubungan dengan itu, sekaligus memperingati Hari Meningitis Sedunia yang jatuh pada 24 April, PT. Novartis Indonesia [Novartis] menjelaskan dalam kampanyenya “SEHATi Lindungi” yang bertajuk “Berwisata dan Belajar dengan Sehat dan Aman di Luar Negeri,” mengatakan bahwa meningitis bisa dicegah dengan melakukan vaksinisasi, yang membuat tubuh kebal terhadap penyakit ini selama dua tahun ke depan. Dan sebaiknya vaksinasi dilakukan 10-14 hari sebelum bepergian.

“Selama ini vaksinasi meningitis hanya ditujukan bagi masyarakat yang akan melakukan umrah atau haji. Namun, bagi mereka yang memiliki hobi bertamsya ke luar negeri atau pelajar, belum banyak yang mengetahui bahwa beberapa negara tujuan wisata atau negara tempat mereka menimba ilmu merupakan daerah endemis untuk ragam penyakit menular, termasuk meningitis,” jelas dr. Luthfi Mardiansyah, Presiden Direktur PT Novartis Indonesia, dalam pidato singkatnya terhadap kampanye perusahaannya ini, Only One Club FX, Jakarta.

Jadi, supaya terhindar dari meningitis, lakukan vaksinasi sebelum wisata luar negeri Anda. « [teks @bartno | foto courtesy of tourismnews.co.id]

SHARE