Peluang Investasi Hotel dan Pariwisata Indonesia

0
111
Tujuan Investasi Wisata Indonesia
Suasana acara HIW Indonesia 2014

Peluang investasi ini bertujuan untuk memajukan sektor pariwisata dan hotel tanah air.

Tujuan Investasi Wisata Indonesia
Suasana acara HIW Indonesia 2014

Senin hingga Selasa [28-29/04], kegiatan Hospitality Investment World [HIW] Indonesia 2014¬†digelar. Penyelenggaranya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif [Kemenparekraf], bekerjasama dengan Terrapin Singapura mengangkat tema “Meet Indonesia’s Leading Hospitality Owners, Operators, and Investors“. Perhelatan ini dihadiri 200 operator hotel dan pemilik untuk memperlihatkan peluang investasi atau bisnis ini di Indonesia.

Harapan kegiatan ini adalah akan didapatkan strategi meningkatkan pertumbuhan pariwisata dan perhotelan di Indonesia.

Menurut data yang dimiliki Kemenparekraf, Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Firmansyah Rahim memamparkan bahwa jumlah wisatawan mancanegara [wisman] kita selalu naik dari tahun ke tahun. Tahun ini ditargetkan 9,2 juta wisman.

Sisi lain yang dapat membuat investor tertarik adalah dari daya saing pariwisata Indonesia. Data The Travel and Tourism Competitiveness Index yang dilansir World Economic Forum 2013 menyebutkan, daya saing pariwisata Indonesia mampu naik empat peringkat. Bila tahun 2012 berada di peringkat 74, pada 2013 berada di peringkat 70 dengan keunggulan daya saing sumber daya alam, harga, dan kebijakan pariwisata.

Peluang investasi yang ditawarkan seperti beberapa tempat wisata yang terkenal di Indonesia. Antara lain, daerah Tanjung Ringgit di Nusa Tenggara Barat, delapan pulau di Barat Laut Sumbawa, Anambas di Riau, dan Sabang di Aceh.

HIW Indonesia 2014 tak hanya menawarkan kawasan pariwisata tetapi juga membuka peluang kerjasama dalam memperkenalkan 30 Ikon Kuliner Tradisional Indonesia [IKTI] serta Indonesia Spa. ¬ę [teks & foto @bartno]

SHARE