Berpetualang di Macau

0
96

Meski Macau lebih kecil dari Jakarta, tapi penuh petualangan seru.

Senado Square Macau
Senado Square Macau

Luas Macau tak lebih besar bila dibandingkan dengan Jakarta. Negara ini berukuran 22 kali lebih kecil dari Jakarta, yakni hanya 29,5 kilometer persegi.

Macau termasuk dalam bagian dari Republik Rakyat Cina dengan salah satu wilayah beradministrasi khusus. Pernah menjadi negara di bawah pemerintahan Portugis, Macau menyajikan pengalaman wisata yang baru. Macau berada di delta Sungai Pearl yang mengalir dari Guangzhou. Namanya dulu adalah Ou-Mun yang berarti ‘Gerbang Perdagangan’.

Pada awal 1550-an, bangsa Portugis mendarat di sini dan Portugis mengadopsi nama A-Ma Gao yang disebut penduduk setempat sebagai tempat penghormatan kepada dewi para pelaut. Jadilah perlahan-lahan nama tersebut berganti menjadi Macau. Karenanya, di negara bermata uang Macanese Pataca [MOP] ini, bahasa Cina dan Portugis menjadi bahasa resmi negara ini.

Berpetualang di sini bisa dimulai dari menelusuri situs warisan dunia atau world heritage site yang sudah terdaftar di UNESCO sejak tahun 2005. Seperti A-Ma Temple yang berdiri jauh sebelum negara ini terbentuk, reruntuhan Gereja St Paul yang juga menjadi simbol altar kota, dan 23 situs lainnya.

Kemudian, lanjutkan dengan mengenal Macau lebih dalam lewat puluhan museumnya, seperti Macau Museum, Maritime Museum, Handover Gift Museum, dan Grand Prix Museum.

Mencari hiburan? Mudah. Ada Dragon’s Treasure [pertunjukan multimedia], The House of Dancing Water [air mancur yang menari], MJ Gallery [koleksi barang Michael Jackson], atau jika ingin lebih ekstrim bisa ikutan bungee jumping  dari Macau Tower dengan tinggi 233 meter dan Sky Walk.

Shopping? Banyak pilihan brand ternama yang membuka cabang di sini. Tinggal berkeliling saja di area Sun Star City, The Boulevard at City of Dreams, Largo do Senado, dan tempat-tempat lainnya.

Lelah berjalan-jalan tentu membuat Anda lapar. No worries. Setiap orang pasti akan menemukan masakan yang disuka di sini. Karena Macau memiliki campuran spesial dari masakan Portugis dan Cina. Masakan khasnya ada Bacalhau, Serradura, Galinha a Africana, Macanese Chili Shrimp, dan kudapan khas lainnya. 

Bila ingin lebih seru lagi, datangi negara berkode +853 ini saat festival besar dilangsungkan. Pada semester dua nanti ada Macau International Dragon Boat Races ada di 4-6 Juni, Dragon Boat Festival di 6 Juni, Macau Lotus Festival di 11-19 Juni, FIVB World Grand Prix Finals 24-28 Agustus, dan Macau International Fireworks Display Contest 10 September hingga 1 Oktober.

Cara ke sananyapun banyak pilihan. Dari darat, laut, atau udara. Melalui udara bisa mendarat di Macau International Airport yang terletak di Pulau Taipa. Melalui laut, kapal akan berlabuh di Macau Ferry Terminal. Dan lewat darat harus melalui Barrier Gate atau Cotai.

Pada 12 – 16 Juni nanti, Ghiboo bersama 87.6 Hard Rock FM Jakarta menggelar “BorderPass: Let’s Get Lucky in Macau”. Program ini merupakan acara jalan-jalan yang akan mengajak Anda menikmati traveling di Macau. Sebelum berangkat ke sana, coba kita lihat kemeriahan Vibrant Moments di sana lewat video ini. Yuk, sama-sama berpetualang ke Macau. « [teks @bartno | foto courtesy of MGTO]

SHARE