Jago Merah Melalap Pasar

0
132

Sepuluh pasar yang hangus dalam 10 tahun 

Jakarta.. oh, Jakarta. Satu masalahmu belum berhasil terurai, kini bertambah jadi dua: Macet dan Kebakaran. Setidaknya, itulah yang disorot media seminggu belakangan ini. Pasar Senen kembali terbakar pada Jum’at [25/4]. Api berkobar selama 18 jam, melahap seisi baju impor bekas yang ilegal untuk dijual.

Apakah peristiwa yang menimpa Pasar Senen itu sebuah pembakaran? Atau memang sebuah musibah yang bisa saja datang akibat kelalaian manusia yang malas mengurusi intalasi listrik bangunan tua?

Pihak Pemda telah mengeluarkan pernyataan bahwa peristiwa tersebut merupakan korsleting listrik untuk menjernihkan kabar simpang siur. Meski begitu, banyak warga yang kini balik mempertanyakan kinerja Pemda, karena tak percaya jika kebakaran hebat itu hanya karena kabel yang terbakar.

Ada banyak kemungkinan kenapa sebuah tempat publik bisa terbakar. Bisa jadi kemungkinannya dibakar untuk menciptakan teror atau merusak nama baik. ‘Kan, orang nomor satu se-Jakarta kini sedang masuk ke dalam bursa ‘perjudian’ Capres. Ingat legenda ‘teror ninja’ dan ‘teror kolor ijo’ jelang Pemilu 1999 dan 2004? Ya, silakan beragumentasi karena banyak faktor kemungkinan penyebab kebakaran.

Kali ini Ghiboo menyajikan 10 Pasar Tradisional yang terbakar dalam waktu 10 tahun terakhir. Apa penyebabnya? Menghanguskan berapa kios? Simak berikut ini:

Pasar Tanah Abangfire10 Pasar Tanah Abang – Jakarta
Sebab kebakaran gardu listrik
Terbakar Rabu, 19 Februari 2003
Menghanguskan 7.456 kios
Kebakaran terjadi di saat jam makan siang, pukul 12.45. Kobaran api yang besar muncul dari arah gardu listrik di lantai empat Blok A.

Api merambat dengan cepat ke sekeliling, membakar seluruh yang dijilat si jago merah. Dalam waktu enam jam, api meluluh-lantakkan Blok B, C, D, dan E. Hanya Blok F yang bisa selamat dari kobaran api.

Pasar Marosfire9 Pasar Maros – Makassar
Sebab Terbakarnya benda plastik
Terbakar Jum’at, 7 Juni 2003
Menghanguskan 400 Kios
Ini merupakan kali kedua terbakarnya Pasar Maros. Tahun 2001, pasar ini pernah terbakar. Selang dua tahun, Maros kembali membara.

Mulanya api hanya membakar tiga kios saja. Namun karena ada banyak barang yang mudah terbakar di sekitarnya, api dengan mudah merambat cepat.

Fasilitas pemadaman belum memadai di Pasar Maros. Ditambah dengan renovasi yang belum rampung dikerjakan memudahkan bagi si jago merah untuk melahap pasar ini. Setelah lima mobil pemadam bekerja keras, api pun berhasil dipadamkan.

Next page top 5

1
2
3
4
5
SHARE