Agenda Jalan-jalan Mei 2014

0
318
Pacu Jawi, Sumatera Barat
Pacu Jawi, Tanah Datar

Yuk siap-siap jalan-jalan lagi

 

Pacu Jawi, Sumatera Barat
Pacu Jawi, Tanah Datar

Mei 2014 ini, dalam penelusuran Ghiboo, ada sejumlah festival budaya, musik, dan kuliner yang sayang untuk dilewatkan. Melalui pengaturan waktu dan biaya yang baik, maka bisa saja jadwal jalan-jalan di bawah ini Anda nikmati semua.

Jakarta Fashion and Food Festival [JFFF]
Date  01 – 31 Mei 2014
Place  Summarecon Kelapa Gading, Jl. Boulevard Kelapa Gading, Jakarta Utara
Menyajikan tiga rangkaian utama penyelenggaraan, Fashion Extravaganza [persembahan ragam busana dari desainer terkemuka, independen, dan perancang muda], Food Festival [ragam kuliner Nusantara yang dipersembahkan melalui Kampoeng Tempo Doeloe berdampingan dengan Wine and Cheese Expo], dan Gading Nite Carnival [event pembuka JFFF dengan parade pertunjukan spektakuler mengelilingi Sentra Kelapa Gading].

Pacu Jawi
Date  03, 07, 10, 17 – 24 Mei 2014
Place  Tanah Datar, Sumatera Barat
Disebut juga balapan sapi yang merupakan event budaya petani di Sumatera Barat, yang telah berlangsung sejak ratusan tahun lalu, sebagai sarana hiburan sehabis musim panen. Perlombaannya bukan balapan satu lawan satu, tapi dinilai dari kelurusan jalur sapi dalam berlari dan waktu tempuhnya.

Bali Inacaft 2014
Date  08-11 Mei 2014
Place  Mal Bali Galeria, Kuta, Bali.
Pameran ini adalah yang kedua, setelah sebelumnya bertepatan dengan APEC 2013. Bali Inacaft menyuguhkan produk dan jasa dari sektor investasi, pariwisata, budaya, kerajinan tradisional, industri kreatif, layanan publik, dan edukasi dari Pulau Dewata ini.

Wonderful Adventure Indonesia: Asia Pacific Hash [WAI: ASPAC 2014]
Date  08-11 Mei 2014
Place Khusus di Bali para hasher [pecinta lintas alam dengan berjalan kaki] akan mengunjungi wilayah Pantai Sanur, Sangeh, Taman Makam Pahlawan Margarana, Tampaksiring, dan Goa Lawah.
Gelaran ini adalah kegiatan lintas alam internasional yang bertempat di Bali, Lombok, Labuan Bajo, dan Pulau Komodo. Tercatat 18 negara sudah mendaftarkan hasher-nya.

Mangkunegaran Performing Art 2014
Date 09-10 Mei 2014
Place Pura Mangkunegaran, Solo
Menampilkan tari-tarian dan pentas seni karya Trah Mangkunegaraan. Serta produk Mangkunegaraan maupun pengembangannya.

Festival Krakatau
Date 11 Mei 2014
Place Bandar Lampung
Pesta rakyat yang penuh dengan hadiah, lomba, bazar, dan musik.

Date 17-18 Mei 2014
Place Kalianda – Lampung
Festival Krakatau kemudian dilanjutkan dengan Tour Krakatau [tour mengelilingi Gunung Anak Krakatau dengan kapal], Krakatau Night [jamuan makan malam dan pertunjukan musik dan tari], Lampung Culture & Tapis Carnival IV [parade yang menampilkan kekayaan budaya Lampung dan Kreasi Tapis Fantasi], dan Krakatau Fes’ Expo [ajang promosi obyek dan daya tarik wisata, kuliner, dan kerajinan tangan khas Lampung]

Tour de Krakatau Cycling
Date  12-14 Mei 2014
Place  Kalianda-Bandar Lampung-Pringsewu
Kejuaraan Balap Sepeda yang menggabungkan olahraga dan wisata. Dengan rute 1: Kalianda – Lingkar Rajabasa – Kalianda; Rute 2: Bandar Lampung – Natar; Rute 3: Bandar Lampung – Pringsewu.

Hari Raya Waisak
Date  13-15 Mei 2014
Place  Magelang, Jawa Tengah.
Merupakan hari suci agama Buddha. Umat Buddha di Indonesia merayakannya di Candi Borobudur. Dua hari sebelum hari H, dilakukan pengambilan air di Umbul Jumprit Temanggung dan pengambilan api abadi di Merapen, lalu keduanya disemayamkan di Candi Mendut. Esoknya, sekitar 100 Bhiksu/Bhikhu Sangha melakukan Pindapata di Jl. Pemuda Magelang. Dan pada pukul 14.30, persiapan prosesi dari Candi Mendut ke Borobudur. Pukul 19.00-21.00 acara seremonial di Candi Borobudur. Pada hari H, perayaan Waisak ditutup dengan pelepasan 1.000 lampion dari zona 1 Candi Borobudur.

Festival Musik Bambu Internasional
Date  15-16 Mei 2014
Place  Pringsewu, Lampung
Menampilkan komunitas pemusik tradisional dan kontemporer dari dalam dan luar negeri, serta expo alat musik dan kerajinan dari bambu.

Gawai Dayak
Date  20-24 Mei 2014
Place  Pontianak, Kalimantan Barat
Sebuah acara mengenai pergelaran kesenian Dayak. Seperti, upacara adat, permainan tradisional, dan berbagai bentuk kerajinan.

Hari Raya Galungan
Upacara Galungan

Hari Raya Galungan
Date   21 Mei 2014
Place  Bali
Perayaan peringatan kemenangan dharma [kebaikan] atas adharma [kejahatan]. Pada hari ini, semua pura di Bali dipenuhi umat Hindu. Jalanan-jalanan di Bali dipercantik dengan penjor-penjor yang berjejer.

Wisata Bahtera
Date  30-31 Mei 2014
Place  Singkawang, Kalimantan Barat
Kontes memancing ikan di laut menggunakan kapal nelayan. Tiap kelompok terdiri dari lima orang.

Hari Raya Kuningan
Date 31 Mei 2014
Place Bali
Hari suci saat Ida Sang Hyang Widi turun ke bumi. Para umat Hindu Bali memenuhi pura-pura, yang perempuan membawa sesajen di kepala, dan penjor-penjor juga menghiasi jalan. Ada tradisi ngurek, yaitu menusukkan keris ke tubuh, upacara Pengerebongan di Pura Petilan, upacara Odolan di Pura Sakenan, dan di Desa Menggu ada tradisi Motekan, yaitu para pria membawa tongkat sepanjang tiga meter untuk saling beradu. « [teks @bartno | foto berbagai sumber]

SHARE