Festival Jajanan Bango 2014

0
282
FJB 2014
Festival Jajanan Bango 2014

Tahun ini, Festival Jajanan Bango, masuk ke gelaran kesembilan.

FJB 2014
Festival Jajanan Bango 2014

Pagi itu, kala sebagian besar pekerja kantoran di ibukota libur, rupanya ada satu tempat yang menjadi tujuan mereka di akhir pekan pertama bulan Mei ini. Yaitu, sebuah acara yang memasarkan 65 jenis hidangan otentik Nusantara dan 30 di antaranya berasal dari wilayah Barat dan Timur Nusantara. Yap, nama acaranya sama dengan judul artikel ini, Festival Jajanan Bango [FJB] 2014.

Berlokasi di Parkir Timur Senayan, FJB 2014 mulai mendapat antrean meskipun petugas belum memperbolehkan pengunjung masuk. Pagi itu di Jakarta, FJB 2014 buka dari pukul 9 pagi hingga 9 malam.

Tahun ini beda dari penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, Senior Brand Manager Bango PT Unilever Indonesia Tbk., Nuning Wahyuningsih menjelaskan, “Untuk pertama kalinya Bango menghadirkan sederetan legenda kuliner dari wilayah Barat, Tengah, hingga Timur Nusantara yang telah teruji kelezatan dan kesohorannya untuk memanjakan lidah para pecinta kuliner.”

Menjelang masuk ke pintu utama, ada replika bagian kapal Pinisi yang seolah siap membawa siapa saja mengarungi lezatnya kuliner dalam negeri. Dan kemudian, ada Kampung Bango sebagai tempat untuk belajar proses pembuatan kecap.

Baru setelah itu, saatnya mencari-cari, melihat-lihat, dan tentukan pilihan, dari rasa, daerah atau keunikan nama masakan, yang akan menjadi santapan pertama Anda. Eiits, hampir lupa. Untuk bertransaksi di sini, pengunjung mesti membeli voucher dulu untuk ditukarkan dengan kupon belanja menu makanan utama. Harga perlembarnya 20 ribu rupiah. Untuk gorengan dan minuman bisa dibeli langsung tanpa voucher. Range-nya dari 3 – 12 ribu rupiah.

Tengkleng Klewek Ibu Edi Solo FJB 2014
Tengkleng Klewek Ibu Edi Solo

Selagi makan, ada panggung hiburan berisi musik easy listening dari band lokal, dan juga sesi bagi-bagi resep dari booth Bango dengan para koki yang berpengalaman. Asyik, nikmat, seru, dan ajib!

Pengalaman ini yang bertema “Persembahan Warisan Kuliner dari Barat Hingga Timur Nusantara”, akan dibawa Bango ke kota Makassar [24 Mei] dan Medan [7 Juni]. Selain itu Bango juga sedang melakukan kegiatan Ekspedisi Warisan Kuliner Nusantara yang dikerjakan oleh tiga tim [selangkapnya baca Tiga Tim Petualang Jelajah Kuliner Nusantara]. Semoga saja, tujuan untuk memperkenalkan, melestarikan, dan mencintai kuliner Nusantara menjadi terwujud. « [teks @bartno | foto @deahijjrah]

SHARE