Kepedulian Seorang Nadya Hutagalung

0
867

Nadya Hutagalung cerita tentang lingkungan, anak, dan resep tetap cantik

Nadya Hutagalung Siapa tak kenal Nadya Hutagalung? Supermodel, pemandu acara, bintang iklan, desainer perhiasan ekosentris, sekaligus mantan VJ ini senantiasa punya segudang kesibukan. Wajah cantiknya masih tetap bisa kita nikmati di layar kaca. Tetapi aktivitas terakhirnya kini, banyak berfokus terhadap kepedulian pada lingkungan hidup.

Baru-baru ini, blasteran Batak-Australia ini merilis program tayangan dokumenter yang bertajuk Let Elephants Be Elephants [LEBE]. Film berdurasi setengah jam ini ditayangkan di kanal National Geographic dan NatGeo Wild.

Berisi dokumentasi yang dilakukan Nadya dan Dr Tammie Matson, tayangan ini berkisah tentang kehidupan gajah-gajah di Afrika yang masih diburu untuk diambil gadingnya.

Atas bantuan Esther Sitompul –tante sekaligus manajer Nadya– Ghiboo beroleh kesempatan untuk berbincang-bincang dengan host Asia’s Next Top Models ini. Berikut ini, simak chit-chat-nya dengan Editor in Chief @hagihagoromo, Editor @innesspw, Videographer @ajiotoy, dan Photographer @gregbimz di Shangri La Hotel, beberapa waktu lalu.

halo nadya, apa kabar?
Halo, baik sekali. Terimakasih.

kemarin kita ketemu juga di sini saat launching program kamu yang baru “let elephants be elephants”. bisa diceritakan lagi tentang isinya?
Sebetulnya LEBE adalah salah satu campaign untuk mengedukasi teman-teman di Asia tentang gading gajah dan bagaimana cara ambil gading gajah. Tujuan kami sebenarnya sih to reduce the demand for gading gajah di Asia.

Saya dan our cofounder Dr. Tammie Matson, we started this campaign karena Tammie sempat cerita tentang gading gajah dan situasi di Afrika. Saya sangat kaget karena setau saya sudah tidak ada masalah dengan gading gajah. Tapi itu ternyata salah sekali.

Saat ini, in the last few years, are the worst years for elephants. Dari tahun ’98, waktu the light global arbitrate ban was enforced. Jadi sebetulnya, kita punya global ban on ivory. Tapi nyatanya, sampai sekarang masih ada 30-40 ribu gajah yang dibunuh setiap tahun.

boleh tahu kegiatanmu selain gajah-gajah ini?
Saya sementara fokus almost hundred percent to LEBE and also I’m on the board of green school in Bali. And LEBE is my main focus right now.

terus asia’s next top model masih?
It’s finished.

belum masuk season baru atau..
Belum.

publik mengenal nadya dulu sebagai vj mtv. lalu kegiatanmu modeling dan iklan. terus sekarang jadi banyak terjun ke isu-isu lingkungan hidup. boleh tahu kenapa kamu concern sama isu itu?
Karena saya seorang ibu. Kalau kita sudah punya anak, kita pikirkan edukasinya, kita pikirkan makanannya, kita pikirkan keamanan mereka. Tapi kenapa kita nggak juga pikirkan dunia mereka?

Kalau kita nggak pikirkan isu-isu itu, berarti kita nggak benar-benar care about our kids, if you don’t think about the future. Lama-lama mereka nggak ada makanan, lama-lama mereka nggak aman di negaranya sendiri, pollution, dan orang nggak nyaman dengan makanannya.

Harga nasi dan tepung aja udah naik beberapa kali. Itu ‘kan bikin orang unstable. So we have to really think about the community, about the environment as parents.

Nadya Hutagalung 5kalau boleh tahu, kepedulianmu tentang lingkungan pastinya bukan datang saat kamu menjadi ibu. sebelum-sebelumnya udah ada? apakah dari kamu masih kecil?
Yap, because my mom. Dia selalu bicarakan tentang ini sejak saya kecil. Waktu itu saya nggak begitu mengerti apa yang dia sebut about living of the grid, being eco friendly, being self sustainable. Tapi mungkin karena sudah dari kecil hal itu ada di pikiran saya, jadi itu ya alami saja.

yang kayak gitu memang ditanamkan di keluargamu atau memang terbentuk sendiri waktu kamu melihat dunia ini jadi seperti ini?
It’s a combination of things. Jadi ada juga suatu saat, waktu saya mungkin 20 atau 21 tahun lalu, the first time I was diving, scuba diving di Thailand. Satu tahun kemudian saya scuba diving di tempat yang sama dan ternyata itu sudah sangat rusak. Coral-nya sudah habis. Ikannya udah nggak ada. Itu dalam waktu satu tahun, just one year!

Bagaimana dalam kehidupan anak saya nanti? Kalau dunia ini sudah sangat berubah dalam satu tahun, what would my kids have left to see? I love to see all the fish in the ocean. I love to see the elephants roaming wild and free in Africa. I love to see nature. But every year its changing. So we have to take a responsibility.

kemarin kamu juga sempat cerita bahwa program-program kepedulian terhadap lingkungan seperti ini masih kamu danai sendiri dan sedikit yang mau sponsorin. boleh tahu apa yang bikin kamu mau melakukan itu?
Sebetulnya we haven’t the time to approach ke sponsor. Untuk yang ini kami anggap sebagai pilot project. Dan kalau ini sukses, kami bikin project yang bagus, bikin documentary yang bagus, juga nantinya akan lebih gampang untuk kami bikin buat spesies lain. Jadi ini murni Let Elephants Be Elephants, dan LEBE akan jalan terus.

Saya sudah belajar di Afrika cukup banyak tentang gajah, and they have a special place for me in my heart. But we will also try to. Maybe we can do it serious in each episodes we focus in any species. Dan tiap spesies itu disponsori oleh different companies or corporation. Mudah-mudahan sih, kalau bisa..

lebe diputar di national geographic dan natgeo wild. berapa seri?
Satu episode saja. It’s a half hour special.

terus selain gajah, spesies lain ‘gimana? apakah juga akan cari spesies lain? hanya hewankah? atau juga flora dan lingkungan?
Of course we have to look after everything. But at the same time we have to look at the community, education, and woman. A lot of people think that the environmental work is just purely environmental world. But we cannot just do the environmental work, cause if we don’t look after the community at the same time, how can they look after their whole environment. Jadi kita harus lihat itu dari semua sisi. Kita harus lihat community, sekolah, edukasi, woman, sexual education, and health, agriculture, dan lain-lain. And all of that comes back to education.

Next page top 5

Nadya dikenal sebagai VJ MTV yang fun. Namun sebenarnya bagaimana sifat aslinya?

1
2
3
SHARE