Permata Mahkota Bergenre Superhero

0
248

Sejauh ini film superhero mendominasi pendapatan

spidermanManusia laba-laba itu gelayutan dari satu gedung ke gedung lainnya, di tengah kota. Lalu lintas di bawahnya padat. Dengan sekejap, penjahat kelas teri buruannya ia hajar. Seperti biasa, aparat keamanan datang terlambat.

Para polisi yang dipersenjatai pistol pun tidak perlu bekerja lagi, karena Spider-Man sudah meringkus si penjahat itu. Wuishhhh, jagoan bertopeng itu kembali gelayutan dengan jaring laba-laba yang ia keluarkan dari nadi tangannya.

Aksi heroik Spider-Man itu disukai penonton. Bioskop di Indonesia, hampir semua tempat duduknya terisi ketika The Amazing Spider-Man 2 serentak tayang awal Mei lalu.

Di negerinya sana, selama pemutaran akhir pekan, 2-4 Mei, The Amazing Spider-Man 2 menjadi film terlaris. Film arahan Marc Webb ini memperoleh pemasukan sebesar 91 juta dollar AS [sekitar 1 triliun rupiah lebih]. Fantastis.

Bahkan penyuka film di 27 negara [termasuk Indonesia] membludaki bioskop untuk menyaksikan Peter Parker a.k.a Spider-Man mengalahkan Electro [Jamie Foxx]. [Baca juga: review The Amazing Spider-Man 2]

Sampai tulisan ini dibuat, modal perusahaan film Columbia Pictures [di bawah Sony Pictures Entertainment] yang memproduksi film ini sudah balik. Bahkan untung [modal sekitar 2,9 trilun rupiah, pemasukan sementara sekitar 4,4 triliun rupiah]. Padahal poster film masih terpampang di mal-mal.

CaptainAmerica“Spider-Man adalah permata mahkota, itu sangat penting bagi kami dan studio film kami,” kata Rory Bruer, presiden distribusi Sony Pictures, mengomentari kesuksesan Spider-Man 2 di pemutaran perdana.

Tidak perlu heran, dua tahun terakhir film tentang superhero sangat disukai movieholic. Dua tahun kemarin, film genre ini merajai box office. Marvel’s The Avengers ditasbihkan sebagai yang terlaris di 2012.¬†Setahun kemudian giliran Iron Man 3.

Bagaimana di tahun ini? Boleh ditebak hasilnya sama. Jelang penutupan semester pertama saja, kepahlawanan Captain America: The Winter Soldier belum goyah di puncak box office dunia. Film yang dibintangi Chris Evans ini menyumbang pemasukan 681 juta dollar AS ke kas Walt Disney Studios Motion Pictures. — ingat, tahun ini akan tayang¬†X-Men: Days of Future Past.

Keperkasaan superhero di bioskop sejauh ini hanya bisa diimbangi film animasi. Data boxofficemojo.com, di belakang Captain America, ada The LEGO Movie dan Rio 2. Dan kemungkinan besar, dua kartun itu bakal digeser Spider-Man 2, karena gap-nya tipis.

Pertanyaannya, apakah film superhero akan kembali mendominasi tahun ini? [teks @Tomi_Nala | foto berbagai sumber]

Film terlaris:
Tahun 2013
1. Iron Man 3 [superhero]
2. Frozen [animasi]
3. Despicable Me [animasi]

Tahun 2012
1. Marvel’s The Avengers [superhero]
2. Skyfall [action]
3. The Dark Knight Rises [superhero]

Sepanjang masa
1. Avatar [sci-fi]
2. Titanic [romance]
3. Marvel’s The Avengers [superhero]

SHARE