Cantik Tanpa Selulit

0
252
selulit

Bye-bye kulit jeruk!

selulit

Sudah kodrat jika perempuan ingin selalu tampil cantik dan menawan. Tak heran, perempuan selalu meributkan hal-hal yang berhubungan kecantikan wajah dan kulitnya.

Selain masalah berat badan dan jerawat, salah satu yang jadi perhatian perempuan adalah masalah selulit di tubuh. Perempuan akan sangat merasa tidak percaya diri saat selulit mulai muncul di tubuh. Itu artinya mereka harus mengucapkan selamat tinggal kepada kelokesi rok mini mereka.

Sebenarnya apa sih selulit itu? Mengapa perempuan sangat menguatirkan kehadiran selulit di tubuh mereka?

G-Readers, selulit adalah gumpalan-gumpalan kulit kecil akibat terhambatnya lemak yang mengalir melalui darah dalam tubuh. Selulit biasanya berbentuk kerutan seperti kulit jeruk sunkist dan pada perempuan yang sudah berumur, selulit bisa berupa urat halus berwarna kehijauan dan kemerahan. Sekitar 90 persen kasus selulit ditemukan pada perempuan dewasa.

Selulit muncul pertama kali saat perempuan mendapat menstruasi untuk pertama kali. Kemudian selulit akan menyebar pada sekitar paha seiring berkembangnya siklus menstruasi. Selulit biasa muncul di daerah sekitar paha, pinggir paha, selangkangan paha, pantat, dan perut. Jika pada orang gemuk, selulit biasa ditemukan di lipatan kulit belakang lutut dan juga terkadang terdapat pada ibu hamil.

Selulit muncul karena beberapa hal seperti faktor hormon estrogen. Perubahan hormon pada perempuan dalam masa pubertas, hamil, dan menopause akan berakibat munculnya selulit di tubuh. Selain itu, selulit juga bisa muncul akibat sistem peredaran darah yang buruk. Selain itu, pola makan yang salah juga menjadi pemicu timbulnya si kulit jeruk tersebut, seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula, garam, lemak jenuh, junk food, dan alkohol.

Namun, jika si kulit jeruk ini sudah terlanjur muncul, Anda tak perlu kuatir. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah selulit.

B1Rajin berolahragajogging
Dengan rajin berolahraga akan membantu mempercepat menghilangkan selulit di tubuh. Olahraga akan memperlancar sirkulasi darah dan membuat otot tubuh menjadi kencang. Lakukan olahraga rutin minimal tiga kali seminggu.

B2Hindari junk food
Junk food merupakan makanan yang mengandung lemak tinggi, minyak, dan karbohidrat yang dapat mempercepat terjadinya selulit pada sel-sel lemak.

B3Kurangi konsumsi garam dan gula
Gula dapat menyebabkan terbentuknya selulit di tubuh karena gula akan membentuk gumpalan lemak yang akan sulit dibakar tanpa berolahraga. Sedangkan garam akan menyumbat sel-sel pembuluh darah yang akan semakin membuat selulit menjadi lebih parah.

B4Perbanyak minum air putih
Air putih memang dipercaya sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Air putih dapat mencegah dehidrasi dan melunturkan racun yang menumpuk diantara endapan lemak.

B5Perbanyak konsumsi vitamin
Untuk menghilangkan selulit, perbanyaklah mengonsumsi vitamin yang mengandung kalsium, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin E. Mineral-mineral yang terkandung dalam vitamin akan mempercepat metabolisme alami dan memproses kelebihan lemak.

Tip Usir Selulit
Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk menghilangkan selulit yang mengganggu Anda.

GB1Kopi
Kopi dipercaya bisa menghilangkan selulit di tubuh. Caranya, campurkan bubuk kopi yang teksturnya masih agak kasar dengan minyak zaitun hingga mengental seperti pasta. Gosokan scrub di bagian tubuh yang mengalami sambil melakukan pijatan memutar selama 10 menit untuk melepaskan sel lemak penyebab selulit. Diamkan selama lima menit, lalu bilas. Lakukan secara rutin setiap dua kali seminggu.

GB2Wortel
Selain bagus untuk mata, wortel juga sangat bagus untuk menghilangkan selulit-selulit di tubuh. Caranya, rebus wortel, lalu haluskan. Oleskan wortel yang sudah dihaluskan ke bagian tubuh yang terdapat selulit sambil dilakukan pemijatan selama 15 menit. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air dingin.

GB3Batu apung
Batu apung memang bermanfaat untuk menghilangkan kulit-kulit kasar dan selulit yang muncul di tubuh kita. Caranya, gosok bagian tubuh yang mengalami selulit dengan gerakan memutar saat mandi. Gerakan tersebut bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah dan lemak yang menjadi penyebab selulit.

lidah buayaGB4Garam
Terlalu banyak mengonsumsi garam memang akan menyebabkan selulit, namun ternyata garam juga bermanfaat untuk menghilangkan selulit. Caranya, campur garam batu yang telah dihaluskan dengan minyak zaitun. Gosokkan pada kulit yang berselulit selama lima menit. Setelah itu, diamkan selama lima menit dan bilaslah dengan air dingin.

GB5Lidah buaya
Lidah buaya memang sangat bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit Anda, termasuk untuk menghilangkan selulit yang mengganggu. Caranya, oleskan getah lidah buaya pada selulit secara teratur setiap hari. Pijat lembut dengan gerakan memutar. Lalu langsung bilas dengan air dingin. Selamat mencoba. « [teks @ratihwinanti | foto berbagai sumber]

SHARE