Raditya Dika Lakoni Tiga Peran

0
401

Raditya Dika besut film-nya sendiri.

Raditya DikaPenulis sekaligus komedian Raditya Dika kembali merilis film terbarunya, Marmut Merah Jambu [MMJ]. Film ini merupakan hasil adaptasi dari buku yang dia tulis dengan judul sama. Ini adalah kali keempat buku miliknya diangkat ke ranah layar lebar.

Mulanya buku pertama Kambing Jantan yang dijadikan film bertajuk Kambing Jantan: The Movie [2009]. Lalu Cinta Brontosaurus [2013] dan Manusia Setengah Salmon [2013]. Hanya di film teranyarnya, MMJ, Raditya Dika mengambil tiga peran sekaligus. Penulis skenario, sutradara, dan aktor. Dan, MMJ adalah pengalaman pertamanya menyutradarai film layar lebar.

“Kesulitan sih nggak ada ya, karena saya ‘kan sudah melakukan pekerjaan itu untuk serial Malam Minggu Miko,” ungkap Dika saat premiere film-nya.

Menurutnya ketiga peran yang ia jalankan itu justru mempermudah jalannya proses pembuatan film. Ia jadi bisa mengontrol arah tujuan film ini. Di film-film sebelumnya yang diangkat dari cerita keseharian Raditya Dika selalu dibesut orang lain: Rudy Soedjarwo dan Fajar Nugros.

Sempat ada isu yang beredar, jika Raditya Dika sendiri yang meminta untuk menjadi sutradara film MMJ. Pria berkacamata ini memberikan penawaran yang tak bisa ditolak oleh Chand Parwez selaku produser. Karena jika bukan Dika yang menjadi sutradara, film ini tidak akan dibuat. Namun komedian ini hanya tersenyum, tidak memberikan pernyataan akan isu itu.

“Sebelum film ini dibuat, saya ngobrol bersama yang lain. Ketika nanti ada orang-orang yang membeli tiket dan duduk di bioskop. Apa yang ingin kita berikan ke mereka?” ungkapnya mengingat awal pembuatan film ini.

MMJ bercerita tentang cinta pertama Dika ketika ia duduk di bangku SMA. Hal-hal gila dilakukan olehnya supaya menjadi populer di sekolah. Agar wanita idamannya mau melirik ia. « [teks HaabibOnta | foto @gregbimz]

Also read:
Destinasi impian Riyanni Djangkaru: Mars

SHARE