Cerita Cinta Pertama Raditya Dika

0
1907

Film Marmut Merah Muda karya Raditya Dika rilis

Poster film marmut merah jambuMarmut Merah Jambu, film terbaru Raditya Dika ini merupakan hasil adaptasi dari buku dengan judul sama. MMJ, begitu disingkatnya, mulai tayang di bioskop sejak tanggal 8 Mei 2014.

Berbeda dengan film adaptasi dari buku yang pernah ditulis oleh Dika, kali ini, selain berperan dirinya sendiri, ia pun mengambil peran sebagai sutradara.

MMJ bercerita tentang kisah petualangan cinta pertama Dika semasa SMA. Demi mendapatkan perhatian dari gadis pujaannya, Ina, Dika [Christoffer Nelwan] sampai membentuk klub detektif di sekolahnya.

Ina [Anjani Dina] termasuk gadis populer ketika itu. Ia juga bekerja sebagai penyiar di radio Prambors. Maka itu, Dika berusaha menyamai kepopulerannya. Tapi untuk medapatkan hati Ina, Dika harus bersaing dengan Michael, pria paling populer di sekolah. Ketua tim basket sekaligus siswa tercerdas.

Dika dibantu dengan sahabat karibnya, Bertus. Pemuda bertubuh kurus, berambut ikal, dengan mulut yang besar. Sama seperti Dika, Bertus pun berusaha populer supaya bisa mendapatkan pacar.

Keduanya bahu-membahu memecahkan kasus yang rumit. Tapi mereka bukanlah anak yang cerdik. Kasus pertama mereka menemukan bola basket yang hilang, gagal. Beruntung ada Cindy [Sonya Pandarmawan], gadis tionghoa yang cerdik. Berkat bantuannya kasus itu terpecahkan. Semenjak itu dimulailah petualangan ketiganya menyelesaikan kasus-kasus sepele dengan cara yang rumit sekaligus jenaka.

Hingga Dika beranjak dewasa ada sebuah kasus yang tak pernah dipecahkan olehnya. Kasus grafiti di tembok sekolah. Kasus itu mengenai ancaman untuk kepsek-nya. Ada pesan tersirat dalam grafiti itu yang mengatakan akan membunuh Kepala Sekolah.

Sampai Dika, Bertus, dan Cindy lulus, kasus itu tidak kunjung terpecahkan. Suatu hari, Dika menerima undangan pernikahan dari Ina. Mau tak mau ia bersentuhan kembali dengan masa lalunya. Dika pun kembali menyelami hari-hari yang telah ia lalui.

Adegan film Marmut Merah Jambu 1Masa lalunya itu menggiring Dika ke kasus yang belum terpecahkan. Dan kemudian dia menemukan jawaban dari teka-teki itu. Tentang seorang gadis yang amat menyukainya selama sebelas tahun. Lalu siapakah gerangan gadis itu? Apakah Ina?

Film berdurasi 91 menit ini dikemas amat padat oleh Raditya Dika. Alur cerita dibuat maju-mundur dengan cara yang simpel. Tidak membuat pusing untuk mencernanya. Ditambah lagi, akting kocak Bertus [Julian Liberty] selalu menimbulkan tawa pada penonton.

Lewat film ini Dika mengajak kembali para penontonya untuk mengingat kembali masa cinta pertama sewaktu di sekolah. Ditambah penjelasan apa kaitan antara cinta dan marmut merah jambu.

Ada banyak aktor aktris yang telah punya nama dijadikan sebagai cameo, seperti: Tio Pakusadewo, Jajang C Noer, Bucek, Dewi Irawan, Rowiena Sahertian, Pandji Pragiwaksono Audrey Papilaja, Axel Matthew Thomas, McDanny.

Lalu ada Feby Febiola, Sheryl Sheinafia, Ge Pamungkas, Boy Hamzah, Bayu Skak, Jovial Da Lopez, Andovi Da Lopez, Adipati Dolken, Kevin Julio, Chris Laurent, Jessica Mila, Fandy Christian, Bena Kribo, Jordi Onsu, Sheila Dara Aisha, Zaneta Georgina, Kevin Lukas, Ciccio Manassero, dan Julee Day. Wah banyak sekali bukan!

Kalau penasaran dengan kisah jenaka cinta pertama seorang Raditya Dika, saksikan sendiri di bioskop ya G-Readers! « [teks @HaabibOnta | Dok Starvision]

Sutradara Raditya Dika
Penulis Skenario Raditya Dika
Pemain Raditya Dika Christoffer Nelwan Sonya Pandarmawan Julian Liberty

Trailer

SHARE