Resep Sehat Bara Pattiradjawane

0
373
Bara Pattiradjawane
Bara Pattiradjawane

Resep sehat ini ampuh sembuhkan asam urat.

Senyum khasnya senantiasa mengembang. Pria yang piawai mengolah makanan ini memang terkenal ramah kepada siapa saja. Ya, begitulah yang ditampilkan Bara Pattiradjawane saat menjadi narasumber dalam acara mengenai gigi sensitif yang digelar sebuah produk pasta gigi beberapa waktu lalu, di Plaza Selatan, Gelora Bung Karno, Jakarta.

Usai tampil menceritakan kisahnya mengenai gigi sensitif, Bara yang menyebut dirinya sebagai supercook ternyata punya masalah dengan asam urat.

Barra Pattiradjawane
Barra Pattiradjawane

Penyakit asam urat disebabkan kelebihan zat purin dalam tubuh. Purin adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Purin yang berlebih ini berbentuk kristal dan biasanya bersemayam di daerah persendian. Akibatnya terjadi nyeri sendi.

Untuk mengatasinya, Bara meminum air rebusan daun salam, satu hingga tiga kali sehari. Dan berikut resep obat asam urat darinya.

Bahan
» Tujuh lembar daun salam
» Dua gelas air

Cara
» Rebus tujuh lembar daun salam dengan dua gelas air dalam api kecil hingga tersisa satu gelas.
» Saring, dan endapkan selama dua jam.
» Minum jangan sampai habis, sisakan endapannya.
Menurut Bara “Walaupun tidak kelihatan ampasnya, tapi itu sebenarnya ada ampasnya, nah itu bahaya untuk ginjal.”

Aturan minum
» Pencegahan, satu gelas sehari
» Pengobatan, tiga gelas sehari

Note
“Sebetulnya kalau kita mau rajin, banyak sekali bumbu-bumbu yang biasa digunakan di dapur, bisa jadi bahan obat. Tapi, walaupun menggunakan bahan alami, bukan berarti boleh dipakai sembarangan. Tetap kita harus mengedukasi diri kita sendiri, dengan membeli buku, tanya-tanya, atau browsing,” pungkasnya. « [teks & foto @bartno]

Also read:
Lima spot surfing pilihan Gemala Hanafiah

SHARE