Perawatan Alami Rambut Berketombe

0
424

Jagalah rambut kita secara alami

long hair

Rambut adalah mahkota perempuan. Tak heran jika kaum hawa selalu menjaga kesehatan dan keindahan rambutnya. Apapun akan mereka lakukan agar rambutnya indah bak model iklan shampo.

Apalagi jika ditemukan ketombe di kulit kepala, uhh, sudah tentu mereka akan berupaya menghilangkannya. Ketombe atau pityriasis capitis adalah pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit kepala. Sel-sel kulit mati yang terkelupas merupakan kejadian yang wajar terjadi jika pengelupasan itu dalam jumlah sedikit.

Namun, ada juga beberapa orang yang mengalami pengelupasan dalam jumlah yang banyak dan secara terus menerus. Selain itu, pengelupasan tersebut diikuti dengan iritasi kulit dan kulit merah.

Dianjurkan jika kulit kepala berketombe, tidak digaruk berlebihan. Hal tersebut hanya akan memperparah kerusakan kulit dan akhirnya akan meningkatkan resiko infeksi.

Namun, jangan takut G-Readers! Ketombe bisa dihilangkan kok dengan shampo anti ketombe yang beredar di pasaran. Atau bisa dihilangkan dengan bahan-bahan alami. Berikut caranya.

gingerJahe
Jahe atau zingiber officinale mengandung banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Kandungannya dapat digunakan untuk treatment rambut anti ketombe.

Jahe dipercaya mengandung zat anti bakteri yang mampu mencegah peradangan dan mengurangi tumbuhnya ketombe. Ingin rambut bebas ketombe dengan menggunakan jahe? Berikut caranya:

1. Siapkan jahe kira-kira seukuran dua buku jari lalu parut hingga lembut.

2. Tuang beberapa tetes sesame oil ke dalam mangkuk bersih.

3. Bungkus parutan jahe ke dalam kain tipis, kemudian lipat menyerupai bantalan. Kemudian remas parutan jahe dalam kain hingga mengeluarkan air jahe.

4. Campurkan air perasan jahe tersebut ke dalam mangkuk yang sudah berisi sesame oil.

5. Kemudian, gosokan air perasan jahe dan sesame oil tersebut ke kulit kepala. Lakukan pijatan lembut di seluruh area kulit kepala. Diamkan selama 10 menit hingga meresap.

6. Cuci bersih rambut dengan shampo anti ketombe, kemudian bilas hingga bersih.

Next page top 5

1
2
3
4
5
SHARE